sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Cara agar Anak Suka Makan Sayur dan Buah, Tanya Dokter di Sini Bun

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 04 Jul 2022 16:25 WIB
HaiBunda Live Tips Anak Suka Makan Sayur caption
Jakarta -

#HaiBunda Pasti senang ya melihat anak lahap makan. Apalagi kalau anak suka makan sayur dan buah. Anak Bunda bagaimana? Kalau Si Kecil enggak suka makan buah dan sayur, tanya solusinya ke dokter yuk!

Sebelumnya, Bunda perlu tahu juga nih, apa saja manfaat sayur dan buah untuk tumbuh kembang anak. Dijelaskan Dr. dr. Luciana Sutanto, MS., Sp.GK(K)., sayur dan buah merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat. Buah merupakan sumber gula juga, Bunda.

"Tumbuh kembang yang optimal memerlukan kelengkapan zat gizi, termasuk vitamin, mineral, dan serat," ujar dokter Luciana.


Begitu pentingnya untuk tumbuh kembang, tapi justru kebanyakan anak malah enggak doyan makan sayur dan buah. Dikatakan dokter Luciana, pada dasarnya, anak-anak lebih suka rasa manis. Jadi, Bunda dianjurkan memberi anak buah dan sayur yang mendekati rasa manis.

"Misalnya wortel, buncis, kacang panjang, labu, dan lainnya," ujar dokter yang juga pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Krida Wacana ini.

Sebenarnya, anak enggak suka makan buah dan sayur juga dipengaruhi kebiasaan orang tua di rumah, Bunda. Kalau Bunda dan Ayah atau orang dewasa lain di rumah enggak makan sayur dan buah, anak cenderung mengikuti.

Dampak anak enggak suka makan sayur dan buah jangan dianggap remeh ya, Bunda. Dokter Luciana mengatakan, anak yang kurang asupan sayur dan buah bisa menyebabkan kurang serat dan konstipasi atau kesulitan buang air besar.

"Selain itu, kurang asupan sayur dan buah bisa menyebabkan kegemukan," tuturnya.

Nah, Bunda mau tahu, bagaimana cara agar anak suka makan sayur dan buah? Tanyakan langsung yuk ke dokter Luciana, dalam Haibunda Live di Instagram @haibundacom, pada Selasa (5/7/2022) mulai pukul 19.00 WIB.

Dengan tema Tips agar Anak Doyan Buah dan Sayur, acara ini akan dipandu oleh Editor HaiBunda Prita Daneswari. Bagi Bunda yang ingin bertanya, bisa tuliskan di kolom komentar artikel ini atau saat acara berlangsung.

Pasang alarm ya, Bunda!

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!