sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Cara Mengenal Bakat Anak dari Perilaku Sehari-Hari, Jangan Lupa Observasi Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 12 Jul 2022 20:51 WIB
little girl learning mathematics using abacus at home, mother teaching beside patiently Ilustrasi Mengenal Minat dan Bakat Anak/Foto: iStock
Jakarta -

Setiap orang tua pasti ingin anak-anaknya memiliki bakat dan kemampuan yang lebih daripada anak-anak lainnya, Bunda. Untuk mencapai tujuan ini, Bunda bisa memasukkan anak ke tempat les.

Tujuan dari les tambahan ini sebenarnya untuk stimulasi kemampuan Si Kecil. Hal ini lantaran ada kemampuan-kemampuan yang sebenarnya ingin ditingkatkan tapi anak tidak mendapatkannya di rumah sehingga Bunda butuh bantuan seorang ahli.

Hal ini juga diungkapkan langsung oleh seorang Psikolog Pendidikan di Tiga Generasi, Rafika Ariani, M.Psi., Psikolog. Ia menjelaskan les tambahan ini menjadi penting kalau disesuaikan dengan kebutuhan anak.


"Jadi kalau (les tambahan) dibilang penting, perlu atau enggak, balik lagi ke kebutuhan itu. Kalau kita ingin kemampuan anak ini lebih baik atau optimal, maka kita bisa ikuti ke les Bahasa Inggris atau balet. Memang balik lagi ke kebutuhan Si Kecil, tapi kalau ikut (les tambahan), benefit-nya memang banyak banget," katanya dalam Live Instagram bersama HaiBunda, Selasa (12/7/2022).

Tak hanya itu, wanita yang akrab disapa Fika ini juga mengungkapkan ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan sebelum Bunda memasukkan anak ke dalam suatu les. Salah satunya adalah usia.

"Usia itu penting. Kalau anak usianya masih dini, les apa yang dilakukan? Tapi harus lihat apakah anaknya membutuhkan hal itu? Karena di usia ini, anak butuh sesuatu untuk stimulasi," jelasnya.

Cara mengenal bakat anak dari perilaku

Lebih lanjut, Fika mengungkapkan beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengenal bakat anak melalui perilaku kesehariannya, nih. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. Melakukan observasi

Hal pertama yang harus Bunda lakukan untuk mengetahui bakat anak adalah dengan melakukan observasi. Saat berada di rumah, Bunda bisa lihat kegiatan apa yang anak sukai.

"Kita harus jeli sebagai orang tua untuk melakukan observasi. Kalau misalnya anak di rumah melakukan kegiatan sehari-hari, apa sih yang biasa dia lakukan? Misalnya kita lagi nonton film atau YouTube, pilihannya yang seperti apa sih? Atau membaca buku senangnya yang seperti apa?" ungkap Fika.

2. Lihat perilaku anak

Bunda juga bisa mengetahui bakat anak melalui perilaku yang mereka tunjukkan dalam keseharian. Apakah Si Kecil suka bergerak atau cenderung berdiam diri.

"Kita bisa lihat dari perilaku anak. Anaknya tuh senang bergerak, atau anaknya cenderung diam atau enggak terlalu banyak bergerak," kata Fika.

3. Lihat perilaku di sekolah

Tak hanya melihat perilaku keseharian anak di rumah, Bunda juga perlu melihat perilaku anak saat di sekolah nih, Bunda. Hal ini karena perilaku anak di sekolah jauh lebih spesifik.

"Biasanya perilaku anak di sekolah jauh lebih spesifik karena ada mata pelajaran. Kemudian dari mata pelajaran itu yang bermacam-macam, dia unggulnya di bagian apa? Apakah mungkin sains atau mungkin bidang musik misalnya," ucap Fika seraya tersenyum.

Banner Pengental ASI

4. Melalui percakapan sehari-hari

Percakapan sehari-hari adalah hal paling sederhana yang bisa menunjukkan minat dan bakat Si Kecil. Bunda bisa perhatikan anak senang bercerita tentang hal apa.

"Anak tuh senangnya ceritanya apa sih? Pulang dari sekolah atau main sama teman, dia itu senangnya di bidang yang seperti apa?" jelas Fika.

5. Melalui tempat yang dikunjungi

Bunda bisa mengajak Si Kecil mengunjungi suatu tempat untuk mengetahui bakat mereka. Tak hanya itu, Fika juga mengatakan Bunda bisa mengajak Si Kecil ke tempat les tertentu dan melihat reaksi mereka.

"Ketika kita mengunjungi sebuah tempat untuk mengasah dan melihat minatnya anak, matanya itu berbinar-binar enggak sih? Menunjukkan ketertarikan enggak, sih?" tutur Fika.

"Atau misalnya kita ajak ke tempat les, dia menunjukkan ketertarikan enggak dengan bertanya, atau bahkan dari bahasa tubuh saja kadang kita bisa melihat," imbuhnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(mua/fir)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!