sign up SIGN UP search

haibunda-squad

Tips Menyusui agar ASI Lancar, Yuk Tanya Konselor Laktasi & Dapatkan Hadiah Menarik

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 06 Aug 2022 20:35 WIB
HaiBunda Live Belajar Menyusui Lewat Kelas Online HaiBunda Live: Belajar Menyusui Lewat Kelas Online/ Foto: Novita Rizki/HaiBunda
Jakarta -

#HaiBunda Masa menyusui ternyata jadi salah satu masalah besar bagi ibu baru. Banyak yang masih bingung, bagaimana caranya menyusui yang benar agar ASI lancar dan berat badan bayi aman.

Bubun paham banget deh, karena pernah mengalami juga. Rasanya sampai keteteran dan stok ASI perah enggak bisa banyak. Waktu itu, sampai pumping di dalam mobil saat perjalanan pulang dari kantor. Hiks!

Kalau Bunda, masalah menyusui apa yang pernah dialami? Menurut Konselor Laktasi, Postpartum Doula & Life Coach, Zahra Khayra, memang banyak banget masalah menyusui yang dihadapi ibu baru. Salah satunya, enggak tahu posisi dan pelekatan yang benar.


Selain itu, para bunda juga bingung karena produksi ASI sedikit, payudara sakit karena sumbatan, belum tahu teknik perah yang maksimal, sampai bingung lantaran bayi nangis enggak kenyang-kenyang.

"Biasanya kurang menyiapkan support system supaya proses menyusui lebih lancar. Setelah lahiran kaget, ternyata support system belum paham soal menyusui," ujar Zahra kepada HaiBunda.

Supaya produksi ASI lancar, ibu baru perlu banget belajar menyusui sebelum melahirkan. Zahra menyarankan, Bunda belajar menyusui sebelum usia kehamilan 9 bulan. Kalau terlalu dekat Hari Perkiraan Lahir (HPL), khawatir enggak maksimal.

"Bunda bisa gabung kelas laktasi privat atau kelas online. Kalau kelas menyusui online, biasanya belajar menyusui dari dasar banget sampai advance," tuturnya.

Nah, apa saja yang dipelajari lewat kelas menyusui online supaya produksi ASI lancar? Konsultasi langsung ke Bunda Zahra yuk, di HaiBunda Live Instagram @haibundacom pada Selasa, 9 Agustus 2022, mulai pukul 19.00 WIB.

Dengan tema Belajar Menyusui Tanpa Ribet Lewat Kelas Online, acara ini akan dipandu Managing Editor HaiBunda, Zika Zakiya. Bubun juga mengundang tamu spesial lain nih, Bunda Yulita Angelina, yang berbagi pengalaman mengikuti kelas menyusui online.

Ingat, siapkan pertanyaan terbaik Bunda dan tuliskan di kolom komentar saat acara berlangsung. Ada 4 Bunda terpilih yang akan dapat hadiah berupa top up e-wallet, masing-masing senilai 50 ribu rupiah.

Semoga beruntung ya!

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!