sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Waktu Menyusui Tiap Sisi Payudara Harus Sama untuk Cegah Bengkak?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 06 Aug 2022 11:06 WIB
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. Benarkah Waktu Menyusui Tiap Sisi Payudara Harus Sama untuk Cegah Bengkak?/Foto: iStock
Jakarta -

Payudara bengkak adalah masalah yang bisa dialami Bunda saat menyusui. Lalu benarkan kondisi ini bisa dicegah dengan menyamakan waktu menyusui di tiap payudara?

Menyusui memang bukan perkara mudah, terutama bagi Bunda yang pertama kali punya momongan. Puting payudara bisa terasa sakit hingga mengalami lecet.

Tak hanya itu, payudara bengkak dapat terjadi saat pertama kali menyusui. Penyebabnya bisa karena beberapa hal, seperti peningkatan aliran darah di payudara beberapa hari setelah melahirkan untuk menghasilkan ASI.


Selain karena proses untuk memproduksi ASI, payudara bengkak juga dapat terjadi karena tidak rutin menyusui, melewatkan sesi pumping, atau pelekatan bayi yang salah saat menyusu.

Sebenarnya, payudara bengkak dapat dicegah, Bunda. Caranya dengan menyusui yang tepat di kedua payudara.

Waktu menyusui tiap payudara

Waktu menyusui tiap payudara harus diperhatikan untuk mencegah bengkak. Menurut Konselor Laktasi dari Brawijaya Clinic Kemang dan Kosambi Maternity and Children, dr. Sarah Audia Hasna, busui direkomendasikan untuk menyusui di satu payudara sampai benar-benar selesai, lalu pindah ke payudara yang lain.

"Direkomedasikan menyusui di satu payudara sampai benar-benar selesai. Satu payudara itu bisa menghasilkan ASI awal dan akhir yang berbeda," kata Sarah kepada HaiBunda, belum lama ini.

"Ada yang menyusui satu payudara 20 sampai 30 menit, tergantung usia bayi dan kondisi stabilitas emosional ibu," sambungnya.

Bila waktu menyusui dibatasi untuk setiap payudara, nantinya bayi tidak akan mendapatkan cukup nutrisi dari ASI. Pada akhirnya, hal tersebut memengaruhi berat badan anak.

"Kalau dibatasi, nanti error sinyalnya. Belum waktunya ASI akhir yang isi lemak keluar, sudah dihentikan dulu di awal. Nanti anak bisa dapat over foremilk, enggak dapat yang lemaknya itu bisa memengaruhi berat badan anak," ungkap Sarah.

Tak cuma memengaruhi nutrisi Si Kecil, membatasi waktu menyusui ternyata justru bisa menyebabkan masalah pada Bunda. Apa saja?

Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 3 obat migrain yang aman dikonsumsi Bunda selama menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

DAMPAK MEMBATASI WAKTU MENYUSUI TIAP PAYUDARA PADA BUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!