sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Kelas Menyusui Online Bukan Cuma Belajar Teori, Tapi Juga Cara Pelekatan yang Tepat

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 10 Aug 2022 16:35 WIB
Young mother breastfeeding  her newborn baby boy at home caption
Jakarta -

Tak sedikit Bunda yang mengalami drama saat menyusui. Meski terkesan mudah, menyusui anak bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada banyak kesulitan yang bisa terjadi apabila tidak tepat melakukannya.

Salah satu masalah yang sering dialami Bunda adalah ASI yang sulit keluar alias seret. Hal itu bisa terjadi karena banyak hal. Misalnya perlekatan yang tidak benar, Bunda.

Kelancaran menyusui sangat dipengaruhi oleh perlekatan. Meski Bunda memiliki ASI yang melimpah, perlekatan yang salah akan membuat ASI sulit keluar sehingga bayi tidak mendapatkan nutrisi secara optimal.


"Posisi perlekatan yang salah bisa bikin bayi kurang asupan ASI atau lemak ASI. Karena lemak ASI adanya di belakang, harus dengan isapan kuat agar bisa keluar, dan itu hanya terjadi ketika perlekatannya benar," tutur Konselor Laktasi, Postpartum Doula & Life Coach, Zahra Khayra dalam sesi Instagram Live HaiBunda, Selasa (9/8//22).

"Kalau perlekatan salah, bisa menjadi salah satu penyebab berat badan bayi kurang," terangnya.

perlekatan yang baik terjadi ketika bayi dapat memasukkan puting dan areola (area gelap di sekitar payudara) dengan benar, hingga ia dapat mengisapnya.

Meski terdengar mudah, tidak semua bayi dapat melakukan perlekatan yang tepat. Bunda harus membimbingnya hingga mampu melakukannya. perlekatan yang salah dapat berujung dengan bayi yang menggigit puting sehingga menyebabkan Bunda merasa nyeri.

Oleh karena itu, Bunda perlu mempelajari seputar teknik menyusui sejak sebelum melahirkan. Zahra menyarankan, Bunda belajar menyusui sebelum usia kehamilan mencapai usia 9 bulan. Apabila terlalu dekat hari perkiraan lahir (HPL), hasilnya dikhawatirkan tidak maksimal.

Bunda dapat mengikuti berbagai macam kelas laktasi yang kini tersedia baik offline maupun online. Agar lebih nyaman, Bunda juga bisa lho meminta kelas privat. Lewat kelas laktasi, Bunda akan mempelajari seputar kegiatan menyusui dari hal yang paling mendasar.

Kelas laktasi dapat menjadi sumber wawasan seputar laktasi yang akan sangat membantu Bunda ketika menyusui. Baca di halaman berikutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang rekomendasi ASI booster untuk Bunda menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



ASYIKNYA KELAS LAKTASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!