sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Asri Ediyati Selasa, 26 Sep 2017 17:00 WIB
Kalau mengalami sembelit saat hamil, jangan keburu panik, Bun. Ini cara mengatasinya. caption
Jakarta - Sebagian ibu hamil mengalami masalah-masalah fisiologis yang kelihatannya berbahaya bagi janin tapi ternyata nggak, seperti nyeri di pergelangan tangan (sindrom carpal tunnel) sampai sembelit. Nah, bagi ibu hamil yang mengalami sembelit saat hamil, jangan panik ya, Bun.

Seperti diungkapkan American Pregnancy Association (APA), sembelit wajar dialami ibu hamil. Sebab, perubahan hormon dan tubuh ibu hamil bisa berpengaruh pada sistem pencernaan. Buat Bunda yang sembelit saat hamil, berikur beberapa tips yang bisa dilakukan, seperti dirangkum HaiBunda.

Makan serat agar nggak sembelit/Makan serat agar nggak sembelit/ Foto: Ilustrasi (Thinkstock)



1. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi emang udah jadi rahasia umum untuk mengatasi sembelit ya, Bun. Menurut Nicola Strydom, bidan dari Calgary, ibu hamil yang mengalami sembelit direkomendasikan untuk mengonsumsi biji-bijian dan setidaknya makan buah dan sayuran sebanyak 5 porsi sehari.

2. Minum yang Banyak

Minum air mineral yang banyak penting bagi ibu hamil. Selain ibu hamil emang lebih mudah terkena dehidrasi, kekurangan cairan bisa menyebabkan sembelit, Bun. Ketika sembelit, secara langsung otak akan mengontrol usus besar untuk menyerap lebih banyak air dari makanan yang dikonsumsi ibu. Menurut American Pregnancy Association (APA) penting bagi ibu hamil untuk minum setidaknya 10 hingga 12 gelas per hari. Kombinasi antara minum yang banyak dan konsumsi makanan berserat tinggi bisa melancarkan biang air besar alias BAB.

Baca juga: Benarkah Ibu Hamil yang Wasir Nggak Bisa Melahirkan Normal?

Olahraga agar tidak sembelit saat hamil/Olahraga agar tidak sembelit saat hamil/ Foto: Ari Saputra


3. Berolahraga Secara Rutin


Jika ibu hamil malas berolahraga, risiko kena sembelit pun semakin besar. Berjalan kaki, berenang dan olahraga ringan bisa menstimulasi usus besar untuk mengeluarkan feses, Bun. Ibu hamil disarankan untuk berolahraga ringan 20-30 menit. Nggak cuma mengatasi sembelit, rutin berolahraga juga bisa mencegah posisi bayi sungsang.

4. Konsumsi Suplemen Fiber Tambahan

Kalau ibu hamil sudah merasa makan dan minumnya baik, plus olahraga teratur tapi kok nggak masih sembelit, Strydom merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen tambahan yang mengandung serat tinggi. Tentunya, yang aman bagi ibu hamil.

Baca juga: Sering Dikeluhkan Ibu Hamil Tapi 5 Hal Ini Tak Bahayakan Janin


Jangan kebanyakan suplemen zat besi saat hamil/Jangan kebanyakan suplemen zat besi saat hamil/ Foto: thinkstock

5. Kurangi Suplemen Kehamilan yang Mengandung Zat Besi


Menurut APA, suplemen zat besi yang berlebihan bisa menyebabkan ibu hamil sembelit. Kehadiran zat besi dapat membuat penyerapan di usus jadi berlebihan. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, ibu hamil [https://www.haibunda.com/kehamilan/d-3655196/selain-kaki-bagian-tubuh-ini-juga-bisa-bengkak-saat-hamil] bisa kok mendapatkan zat besi alami. Jika memang ibu hamil merasa kekurangan zat besi seperti anemia, konsultasikan dulu ke dokter kandungan, ya. (aci)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi