sign up SIGN UP search


kehamilan

Sakit Perut Saat Hamil, Zaskia Sungkar Disarankan untuk Lakukan Ini

Erni Meilina Selasa, 17 Nov 2020 17:38 WIB
Kini semua usaha keras mereka membuahkan hasil yang membahagiakan. (Foto: Instagram @zaskiasungkar15) caption

Jakarta – Pasangan selebriti Zaskia Sungkar dan Irwansyah kini sedang menanti kelahiran buah cinta mereka yang pertama. Setelah penantian panjang selama hampir 10 tahun pernikahan, melalui proses bayi tabung kini Zaskia Sungkar atau yang akrab dipanggil Kia dinyatakan positif hamil.

Saat ini, kehamilan Zaskia Sungkar sudah masuk usia kehamilan empat bulan lho, Bunda. Baru pertama kali hamil, rupanya istri dari Irwansyah ini merasa ada yang tidak beres dengan bagian tubuhnya. Zaskia Sungkar mengalami sakit perut.


Merasa khawatir jika sakit tersebut dapat berdampak pada janin yang sedang dikandungnya, akhirnya Kia memutuskan untuk memeriksakan kandungannya kepada dokter. Hal ini diungkapkan Zaskia melalui kanal Youtube The Sungkar Family pada (31/10/2020).

“Kemarin kan aku sempat ke dokter gitu sebenarnya belum waktunya untuk cek. Tapi, karena aku enggak bisa BAB juga, akhirnya aku datang ke dokter. Aku bilang sakit banget ini udah hari ke-5 MasyaAllah Alhamdulillah,” pungkas Zaskia.

Setelah melakukan konsultasi kepada dokter kandungannya, Kia diberikan beberapa obat dan disarankan untuk berenang, karena Kia mempunyai usus yang bergerak cukup lambat. 

“Kemarin akhirnya dikasih obat sama dokter dan kata dokter disuruh berenang. Kalau kemarin katanya enggak boleh berenang dulu, nah kali ini udah boleh berenang. Ini kan aku udah tinggal seminggu lagi 4 bulan enggak papa kata dia, soalnya aku dibilang katanya ususnya bergeraknya lambat ususnya males, jadi aku harus banyak bergerak, kebanyakan makan terus kebanyakan tiduran," ungkap Zaskia.

Nah Bunda, melihat kasus kehamilan yang dialami selebriti Zaskia Sungkar yang disarankan untuk berenang di tengah kehamilannya, apakah berenang aman selama masa kehamilan? Dan apa saja sih tips berenang saat hamil?

Dilansir dari Health Line, Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, berenang adalah salah satu bentuk olahraga teraman selama kehamilan. Meskipun penting untuk dicatat bahwa ski air, menyelam, dan scuba diving tidak dianjurkan karena menempatkan wanita hamil pada peningkatan risiko cedera.

Tips renang saat hamil:

1. Kenakan pakaian renang yang pas

Saat kehamilan, ukuran dan bentuk tubuh Bunda akan berubah. Tidak menyenangkan mencoba menyesuaikan diri atau berenang dengan pakaian yang tidak pas, jadi belilah pakaian renang baru untuk Bunda

2. Perhatikan langkah Bunda

Bisa jadi area kolam renang menjadi licin saat keluar masuk. Pastikan untuk berjalan dengan hati-hati agar Bunda tidak jatuh, dan berhati-hatilah di ruang loker kolam renang atau dimana pun yang mudah tergelincir.

3. Gunakan tabir surya minimal dengan SPF 30 

Saat berenang di luar ruangan gunakan tabir surya minimal dengan SPF 30 untuk menghindari luka bakar. Ingatlah untuk sering-sering mengoleskan tabir surya dan pertimbangkan untuk menghindari berenang di luar ruangan antara jam 10 pagi dan 4 sore di saat sinar matahari paling kuat.

4. Tetap Terhidrasi

Meski tidak merasa haus, Bunda tetap bisa mengalami dehidrasi saat berenang. Perasaan sejuk karena dikelilingi oleh air dapat membuat Bunda berpikir bahwa Bunda baik-baik saja, tetapi penting untuk banyak istirahat untuk minum air. Hindari minuman beralkohol atau minuman tinggi kafein yang juga akan mendorong dehidrasi dan membahayakan janin.

5. Selalu berenang dengan didampingi orang lain

 Jika Bunda berenang di area tanpa penjaga, pastikan untuk membawa suami, keluarga ataupun teman sehingga ada yang menjaga Bunda.

Semoga lima tips berenang untuk ibu hamil di atas bermanfaat ya, sehingga dapat mengatasi sembelit di awal kehamilan. 

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Bunda, simak juga yuk penjelasan apakah makan pisang bisa bikin sembelit? Klik video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi