sign up SIGN UP search


kehamilan

Ini Sebabnya Ibu Hamil Sering Mengalami Sembelit

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 26 Sep 2017 14:15 WIB
Sembelit jadi salah satu kondisi yang sering banget dikeluhkan ibu hamil. caption
Jakarta - Banyak banget perubahan tubuh saat hamil, mulai dari fisiologis sampai psikis. Salah satu kondisi fisiologis yang sering dikeluhkan bunda waktu hamil adalah konstipasi alias sembelit. Kalau Bunda mengalami hal ini, sebenarnya wajar kok.

Diungkapkan American Pregnancy Association (APA), sembelit saat hamil bisa disebabkan oleh kecemasan, kepanikan, malas berolahraga dan konsumsi makanan yang nggak mengandung serat. Nggak cuma itu, Bun. APA menyebutkan vitamin kehamilan yang mengandung banyak zat besi dan kalsium juga bisa memicu ibu hamil sembelit.

Baca juga: Sering Dikeluhkan Ibu Hamil Tapi 5 Hal Ini Tak Bahayakan Janin


Menurut Suzanne Wong, dokter kandungan dari St. Joseph's Health Center di Toronto, saat hamil, hormon progesteron yang meningkat akan membuat pencernaan kita bekerja dengan lambat. Sebenarnya, ada alasan yang baik di balik kejadian ini. Kata Wong, tubuh jadi menyerap lebih banyak nutrisi dan cairan untuk pertumbuhan janin.

"Pada trimester kedua dan ketiga, pertumbuhan rahim bisa menekan usus besar. Lalu, ekstra zat besi dan kalsium yang terkandung di dalam vitamin kehamilan saling mengikat. Akhirnya, ibu hamil mengalami sembelit," kata Wong dikutip dari Today's Parent.

Baca juga: Benarkah Ibu Hamil yang Wasir Nggak Bisa Melahirkan Normal?

Wong bilang, pada beberapa kasus, sembelit dapat membuat ibu hamil mengalami wasir dan anal fissure (robekan lapisan anus). Hal ini bisa terjadi karena ada tekanan pada pembuluh darah di sekitar rektum (ujung usus besar).

"Meskipun ibu hamil merasa nggak nyaman karena mengalami sembelit, tapi kondisi itu tidak membahayakan kesehatan janin," kata Wong. (aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!