kehamilan

Minus Mata Tinggi, Ibu Hamil Nggak Boleh Melahirkan Normal?

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 19 Oct 2017 18:01 WIB
Minus Mata Tinggi, Ibu Hamil Nggak Boleh Melahirkan Normal?
Jakarta - Sebagai calon ibu terlebih yang sedang hamil anak pertama pastinya punya kekhawatiran soal proses melahirkan. Termasuk untuk peluang melahirkan normal, ada ibu yang khawatir apakah ia bisa melakukannya karena kondisi mata dengan minus yang tinggi.

Seperti bunda dua anak bernama Amel. Sebelum melahirkan anak keduanya, Amel sempat khawatir untuk melahirkan normal karena minus matanya cukup tinggi. Kata Amel, dia banyak mendengar dari teman dan kerabat kalau ibu hamil punya minus mata tinggi, tidak disarankan melahirkan normal.

"Habis aku takut katanya bakal pengaruh ke mata. Walaupun akhirnya memang aku melahirkan caesar tapi itu bukan karena ada hubungannya sama mata aku, tapi karena memang karena kondisi aku dan si baby," kata Amel.


Hmm, ngomong-ngomong soal mata minus dan melahirkan normal, apa benar ibu yang matanya minus, terlebih tinggi ukurannya nggak boleh melahirkan secara normal? Kalau kata dr Philip Agustinus SpOG dari RS Mayapada Tangerang, mata minus bukan kontraindikasi aboslut calon ibu nggak bisa melahirkan normal.

Baca juga: 7 Cara Redakan Nyeri Melahirkan Tanpa Obat

dr Philip bilang, ketika ada pasien dengan mata minus cukup tinggi, akan disarankan untuk konsultasi ke dokter mata. Dengan begitu, bisa diketahui nih gimana pembuluh darah dan tekanan di mata serta lensanya.

"Kalau memang dinyatakan baik, nggak apa-apa kok melahirkan normal, oke-oke aja," ujar dr Philip dalam Live Instagram dan Facebook HaiBunda bersama Mayapada Healthcare Group di Mayapada Tower 2, Jakarta , Rabu (18/10/2017).

Sementara itu, dr Elvioza SpM(K) dari Jakarta Eye Center (JEC) bilang orang punya minus tinggi di atas 5 memang retinanya cenderung tipis. Makanya, sering banget diasumsikan kalau ibu hamil dengan minus tinggi lalu mengejan terlalu kuat saat bersalin normal, tekanan yang timbul di mata bisa merobek retina.

"Kalau minusnya tinggi, retinanya tipis sehingga diasumsikan kalau ngeden akan robek. Teorinya kayak gitu tapi sampai sekarang belum pernah kejadian ada orang ngejan, retinanya robek," kata dr Elvioza, seperti dikutip dari detikHealth.

dr Elvioza menambahkan, kalau memang ibu hamil dengan minus mata tinggi ingin melahirkan normal, silakan saja. Pastinya, akan lebih baik dan aman kalau berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan lebih dulu ya, Bun.

Baca juga: Curhat Ibu Soal Tubuhnya Usai Melahirkan yang Jadi Viral (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi