kehamilan

Hal-hal Paling Aneh yang Dialami Ibu-ibu Saat Hamil

Melly Febrida Rabu, 27 Dec 2017 14:59 WIB
Hal-hal Paling Aneh yang Dialami Ibu-ibu Saat Hamil
Jakarta - Sewaktu hamil pernah mengalami hal yang aneh nggak Bun? Bukan aneh yang terasosiasi ke seram ya, tapi hal nggak wajar yang jarang dialami ibu hamil.

Misalnya saja nih, dulu saya waktu hamil penciumannya jadi super tajam. Iya, ada bau dari radius yang cukup jauh sudah terendus penciuman saya. Lalu teman saya ada yang mengaku kulitnya jadi gampang memar.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini kata para ibu hamil tentang kondisi paling aneh yang dialami saat hamil dan bisa bikin orang lain terbelalak. Yuk, disimak bersama, Bun.


1. Warna Dudukan Toilet Berubah Ungu

Hal aneh dialami ibu hamil/Hal aneh dialami ibu hamil/ Foto: Thinkstock


Amy, ibu hamil berusia 32 tahun menuturkan dirinya punya pengalaman aneh di kehamilan keduanya. Dia melihat dudukan toiletnya perlahan-lahan berubah warna menjadi keunguan setelah pahanya menyetuh dudukan toilet itu.

"Jadi saya menyalahkan kelebihan hormon pada kejadian aneh ini," ujar Amy, dikutip dari Romper.

Ternyata nggak cuma Amy yang mengalami ini. Coba deh Bunda, cari hal ini di Google, pasti akan menemukan beberapa cerita tentang dudukan toilet yang berubah warna.

Seorang dokter bernama Dan Fisher pernah mengomentari hal ini, Bun. "Omong kosong. Ada sejumlah cerita di luar sana tentang dudukan toilet yang berubah warna karena hormon seseorang," tutur dr Fisher, dikutip dari HealthTap.

Sementara ada juga ibu hamil yang menyampaikan apa yang dialaminya pada petugas medis, namun malah ditertawakan. Hmm, entahlah, mungkin kehamilan membuat beberapa ibu mengalami perubahan dalam penglihatan.



2. Perut Bergetar

Hal aneh dialami ibu hamil/Hal aneh dialami ibu hamil/ Foto: ilustrasi/thinkstock


"Perutku bergetar! Bukan seperti kontraksi, rasanya seperti ada telepon seluler di rahim saya dan sedang bergetar. Suami saya tidak percaya sampai saya meletakkan tangannya di tempat (yang bergetar), pada saat itu dia melompat mundur dan ketakutan. Itu sangat aneh," kisah ibu hamil lainnya, Jamie.

Kata Jamie, hal itu hanya terjadi sekali saja, karena keesokan harinya dirinya lantas melahirkan si kecil. Dan lagi-lagi kalau kita cari fenomena ini di Google, banyak yang mengalaminya, Bun.

"Normal kok, nggak perlu khawatir karena getaran itu bisa jadi merupakan pergerakan janin yang meninju dan melakukan peregangan," terang dr M Hytam Beck di sesi konsultasi HealthTap.

3. Senang dengan Kesunyian

Hal aneh dialami ibu hamil/Hal aneh dialami ibu hamil/ Foto: ilustrasi/thinkstock


Ada yang ingin berada di lingkungan yang sunyi saat hamil, Bun? Ini seperti dirasakan Bunda Shannon.

"Kehamilan membuatku begitu senang dengan kesunyian. Aku biasanya... Seorang tipe A, dan begitu hamil, aku adalah orang yang paling santai yang pernah aku alami dalam hidup. Sangat aneh," kisahnya.

Karena perubahan hormon, bisa jadi kita jadi lebih sensitif. Tapi bisa jadi juga kita jadi lebih tenang karena mengalami kehamilan yang menyenangkan.

5. Rambut di Kaki Lebih Banyak

Hal aneh dialami ibu hamil/Hal aneh dialami ibu hamil/ Foto: thinkstock


"Rambut kakiku menjadi gelap dan tebal. Mereka seperti pisau cukur kecil yang keluar dari kakiku ... aku harus mencukur setiap hari. Itu hal yang paling aneh bagiku," tutur bunda lainnya, Stephanie.

dr Hendrivand SpOG dari RS Permata Depok beberapa waktu lalu mengatakan pada ibu hamil memang ada yang mengalami pertumbuhan rambut yang nggak biasa. Jadi ada nih ibu hamil yang di perutnya ditumbuhi rambut lebih tebal. Bukan nggak mungkin juga rambut di kaki juga lebih lebat. Kenapa ya?

"Karena ada hormon androgen pada bayi yang dapat mempengaruhi ibunya," jelasnya.



6. Rambut Kaki Malah Nggak Makin Panjang

Hal aneh dialami ibu hamil/Hal aneh dialami ibu hamil/ Foto: ilustrasi/thinkstock


Bebeda dengan Stephanie, Jill punya pengalaman yang berbeda saat hamil. Kata dia, rambut di kakinya seperti 'terhambat' tumbuh sehingga nggak makin panjang selama kehamilan.

Kalau dulu sebelum hamil dia rajin mencukur rambut kakinya, maka saat hamil dia benar-benar jauh dari pisau cukur karena memang nggak ada yang perlu dicukur. Hmm, berterimakasihlah pada hormon kehamilan, Bun.

Ini seperti ada ibu hamil yang malah jerawatan saat hamil, tapi ibu lainnnya justru kulitnya makin kinclong.

7. Menyukai Makanan yang Tidak Disukai Sebelumnya

Hal aneh dialami ibu hamil/Hal aneh dialami ibu hamil/ Foto: thinkstock


"Saat saya hamil kedua, secara tidak sengaja saya jadi menyukai sesuatu yang tidak saya sukai sebelumnya. Jadi saya mulai mencoba semua makanan," ujar Momma Jorje.

Hmm, mungkin ini kaitannya dengan mengidam ya, Bun. Pada ibu hamil, mengidam sering dikaitkan dengan upaya tubuh untuk memenuhi nutrisi yang dirasa kurang.

8. Mimisan Saat Hamil

Hal aneh dialami ibu hamil/Hal aneh dialami ibu hamil/ Foto: Thinkstock


Seorang ibu yang namanya minta dirahasiakan menyebut dirinya mimisan cukup parah saat hamil. "Saat sedang berbicara harus membawa handuk berukuran besar ke mana-mana kalau-kalau aku mimisan, lalu lari wastafle ketika darah bercucuran, ini tidak enak," ucapnya.

Menurut dokter kandungan, David E Zepeda MD, saat hamil, mimisan terjadi karena hormon progesteron dan estrogen membuat pembuluh darah melebar. Di waktu yang sama, kenaikan suplai darah menekan pembuluh darah di dalam hidung.

Cuaca yang dingin atau membran mukus(lapisan pelembap dalam hidung) yang kering dapat membuat pembuluh darah dalam hidung terbuka. Mimisan juga bisa menandakan hipertensi pada ibu hamil.

9. Mempesona Tapi Merasa Nggak Enak

Hal aneh dialami ibu hamil/Hal aneh dialami ibu hamil/ Foto: ilustrasi/thinkstock


Kate mengatakan kehamilan membuatnya jadi lebih glowing dan mempesona. Bayangnya rambutnya tetap indah meski jarang dikeramas. Nggak ada sehelai rambut pun yang rontok.

"Tapi aku tidak bisa bernapas, mengalami tendonitis di pinggulku, dan hampir tidak bisa berjalan. Dan aku membenci bau apa pun. Aku tampak hebat, tapi merasa tidak enak," cerita Kate.

Seiring kehamilan yang membesar memang bikin ibu hamil jadi gampang terengah-engah. Saya ingat dulu di tengah meeting di kantor, saya terengah-engah dan hampir nggak bisa bernapas saat sedang presentasi.

10. Sering Mimpi Buruk

Hal aneh dialami ibu hamil/Hal aneh dialami ibu hamil/ Foto: ilustrasi/thinkstock


Alison mengaku sering mimpi buruk saat hamil. "Biasanya tentang kekerasan atau seksual. Begitu super intens sehingga saya tidak pernah merasa beristirahat," katanya.

Ibu hamil bisa mengalami beberapa mimpi yang cukup menakutkan dan terasa nyata. Menurut Baby Center biasanya hal ini terjadi pada trimester ketika dan penyebabnya kemungkinan karena alasan emosi berkaitan dengan rasa takut dan cemas menjadi seorang ibu.

Ahli mengatakan mimpi buruk yang dialami ibu hamil bisa jadi sebuah proses mental untuk membantunya bersiap-siap menjadi orang tua. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi