kehamilan

Nyanyi Bareng Bayi Bisa Bantu Ibu Pulih dari Depresi Pasca Melahirkan

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 24 Jan 2018 10:04 WIB
Nyanyi Bareng Bayi Bisa Bantu Ibu Pulih dari Depresi Pasca Melahirkan
Jakarta - Depresi pasca melahirkan bisa dialami setiap ibu setelah si kecil lahir. Selain konseling dan dukungan dari orang sekitar, ada cara yang bisa dilakukan untuk meredakannya, Bun, yaitu dengan mengajak si kecil bernyanyi.

Ya, baru-baru ini studi yang diterbitkan di British Journal of Psychiatry menyebutkan saat ibu dan bayinya nyanyi bareng, ini membantu mempercepat pulihnya ibu dari depresi pasca melahirkan yang dia alami. Apalagi, kata ketua peneliti Dr Rosie Perkins kegiatan ini mudah dilakukan kan?

Untuk studi ini, tim peneliti membagi 134 wanita dengan depresi pasca melahirkan menjadi 3 kelompok dan diamati selama 10 minggu. Satu kelompok diminta nyanyi bareng bayinya, satu kelompok melakukan sesi permainan kreatif dan satu kelompok ibu mendapat pengobatan seperti antidepressants, sugesti diri dan dukungan keluarga.


"Lingkungan yang dirancang untuk semua ibu sama. Tapi, yang bernyanyi bersama bayinya mengalami waktu pemulihan yang lebih cepat. Enam minggu setelah penelitian, 35 persen ibu dalam studi ini melaporkan gejala depresi pasca melahirkannya berkurang," tutur Rossi dikutip dari UK Sky News.

Dilaporkan Beyond Blue, depresi pasca melahirkan merupakan kondisi depresi yang dialami ibu sebulan bahkan setahun setelah kelahiran si kecil. Gejalanya termasuk menangis parah, mudah marah, ada pikiran menyakiti diri sendiri dan bayi, cemas, merasa nggak terhubung dengan bayinya dan dunia luar lalu menarik diri dari lingkungan sekitar dan keluarga.



Hampir 80 persen ibu mengalami baby blues di awal-awal kelahiran bayinya karena perubahan hormon. Tapi, kondisi ini bisa dilakukan dalam beberapa hari dan tanpa penanganan yang spesifik dari lingkungan sekitar. Tapi, kalau pasca melahirkan Bunda mengalami gejala depresi selama lebih dari dua minggu atau gejala tersebut memengaruhi keseharian Bunda, jangan segan cari bantuan ya.

Soal nyanyi bareng si kecil, bukan rahasia lagi kalau ini bisa jadi kegiatan untuk menstimulasi si kecil. Kata dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA, memperdengarkan lagu ke si kecil melalui lagu yang kita nyanyikan bisa jadi stimulasi auditori dan bahasa buat anak. Yang nggak kalah penting, nyanyi bareng anak bisa jadi ajang bonding antara kita dan si kecil.

Dokter yang akrab disapa dr Tiwi ini bilang sesi nyanyi bareng si kecil nggak mesti harus ada waktu khusus lho. Soalnya, kita bisa melakukannya sambil mengajak anak mandi, saat gantiin popok, atau bahkan saat menyusui. Hmm, jadi sudahkah Bunda ngajak si kecil nyanyi hari ini?

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi