kehamilan

Lihat, Bun, Hasil USG Ini Tak Sekadar Foto Hitam Putih Lho

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 15 Mar 2018 07:02 WIB
Lihat, Bun, Hasil USG Ini Tak Sekadar Foto Hitam Putih Lho
Jakarta - Hasil USG si kecil bisa jadi salah satu kenangan perjalanan kehamilan. Nah, kalau biasanya kita menyimpan hasil foto USG di bingkai foto dengan tampilan hitam putih pastinya, gimana kalau hasil USG itu diubah dalam bentuk lukisan?

Nah, ini dia yang dilakukan ibu tiga anak bernama Laura Steeman. Buat Laura, saat hamil beberapa waktu lalu melukis hasil USG anak perempuannya bisa jadi obat dirinya yang punya pengalaman cukup mengerikan selama hamil. Nggak disangka, apa yang dilakukan Laura jadi bisnis yang kini dinamai Quaint Baby Bespoke Ultrasound Art.

"Tiap USG memperlihatkan kondisi anak saya yang cukup baik. Tapi saya merasa foto hitam putih nggak cukup menggambarkan dirinya yang sangat berharga. Jadi, saya ambil alat lukis dan mulai melukis. Nggak disangka sekarang ini jadi bisnis saya," kata Laura kepada Babble.


Kalau dapat pesanan lukisan hasil USG, Laura bilang paling senang ketika dia terhubung dengan kliennya dan mendengarkan ceritanya. Sehingga, melukis hasil USG ibarat menangkap memori, emosi, kepribadian, kehamilan, dan pengalaman menjadi orang tua yang dituangkan di atas kanvas.

"Mulai dari bahagia, air mata, bahkan terkejut karena saking bahagianya terpancar dari wajah para orang tua ketika lukisan hasil USG anaknya jadi. Apalagi dengan melukis berbagai hasil USG saya mendapat cerita dan pengalaman yang beragam," tambah Laura yang ketiga anaknya berusia di bawah 6 tahun ini.

Lihat, Bun, Hasil USG Ini Tak Sekadar Foto Hitam Putih LhoFoto: Instagram/quaintbaby_ultrasoundart
Kalau calon orang tua mau memesan lukisan hasil USG, biasanya mereka diminta memberi copy hasil USG. Setelah itu, Laura bakal mencari komposisi warna lukisannya berdasar pengalaman orang tua yakni bagaimana sih si kecil saat di kandungan. Kalau si janin termasuk aktif, Laura biasa memilih warna cerah dan berani. Sebaliknya, kalau si janin termasuk yang kalem, warna pastel pun dipilih Laura.

Laura bilang, lukisan hasil USG buatannya bisa jadi salah satu bagian perjalanan kehamilan buat orang tua. Seperti kliennya yang ada di peristiwa pengeboman bandara di Brussels di tahun 2016. Untungnya, si klien dan bayinya baik-baik saja. Nah, lukisan hasil USG Laura bisa jadi bagian dari perjalanan kehamilan si klien yang penuh dengan kegembiraan ketika mereka melakukan perjalanan dan nggak terganggu dengan kejadian yang mengerikan.


Bagi calon bunda dan ayah, foto hasil USG memang perlu kok disimpan. Soalnya, ini bisa jadi memento, Bun. Disampaikan psikolog keluarga dari Tiga Generasi Anna Surti Ariani yang akrab disapa Nina, memento itu sesuatu yang bisa dikenang. Kalau bayi baru lahir biasanya kan ada gelangnya tuh, Bun. Nah, itu bisa jadi memento. Atau cap kaki si kecil saat baru lahir misalnya.

"Terus foto USG juga bisa disimpan. Memang ada orang yang ingin membuang kenangannya. Tapi ada waktu ketika dia ingin kembali ke fase itu. Nah memento itu bisa dipakai saat si orang rindu dengan masa-masa itu," kata Nina dikutip dari detikHealth. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi