kehamilan

Cerita Meghan Markle Atasi Insomnia Saat Hamil dengan Yoga

Melly Febrida Sabtu, 20 Oct 2018 09:00 WIB
Cerita Meghan Markle Atasi Insomnia Saat Hamil dengan Yoga
Sydney - Meghan Markle mungkin tak mengalami mual-mual seperti kakak iparnya Kate Middleton saat hamil. Tapi, istri Pangeran Harry ini mengalami kesulitan tidur alias insomsia, Bun. Ia sering terjaga di malam hari. Untuk mengatasinya, Duchess of Sussex menemukan cara yang sehat, yakni dengan beryoga

Meghan Markle yang tengah menjalani tur di Australua mengatakan kepada penduduk setempat Charlotte Waverley kalau kehamilannya ini membuatnya seperti mengalami jetlag, Bun. "Dia mengatakan terbangun pukul 04.30 pagi ini dan melakukan yoga di kamarnya karena dia tidak bisa tidur," kata Charlotte seperti dilansir Sky News.

Ibunda Meghan, Doria Ragland, memang seorang instruktur yoga di Los Angeles. Dalam sebuah wawancara dengan Best Health Magazine, Meghan Markle mengungkapkan dia mulai melakukan yoga dengan ibunya ketika berusia tujuh tahun. Namun, Meghan baru teratur beryoga setelah kuliah.




Memang, usia kandungan Meghan Markle masih beberapa minggu. Disebutkan juga nggak ada hubungan insomnia yang dia alami dengan aktifnya si kecil. Tapi, kemungkinan besar kadar hormon yang berubahlah yang jadi penyebab Meghan susah tidur nyenyak.

Meghan MarkleMeghan Markle/ Foto: Getty Images
Selain itu, Bun, menurut American Pregnancy Association, sakit punggung, nyeri ulu hati, kecemasan, sering buang air kecil sepanjang malam serta ketidaknyamanan karena perut yang bertambah besar bisa menyebabkan insomnia selama kehamilan. Meghan Markle pun bukan satu-satunya calon ibu yang mengalami gangguan tidur di awal kehamilannya.

Menurut National Sleep Foundation, 78 persen wanita mengaku tidurnya lebih terganggu selama hamil. Selain itu, mereka juga mengaku sangat lelah, terutama selama trimester pertama dan ketiga kehamilan.

Seperti dilansir Prevention, ibu hamil yang kesulitan tidur disarankan dokter untuk tak mengonsumsi obat tidur, melainkan melakukan teknik relaksasi, Berikut beberapa rekomendasi dari American Pregnancy Association untuk mengatasi insomnia saat hamil:

1. Coba tidur dengan posisi berbeda.
2. Sebelum tidur coba relaksasi misalnya dengan pijatan atau mandi air panas.
3. Pastikan kamar nyaman. Bunda dapat mencoba mengubah suhu kamar supaya lebih nyaman atau memutar suara semacam lullaby yang menenangkan.
4. Gunakan teknik relaksasi seperti yang dipelajari di kelas persalinan
5. Membaca buku, makan camilan kecil, atau minum susu hangat.
6. Olahraga teratur di siang hari dan tidur siang jika sempat.



Amankah Yoga untuk Ibu Hamil?

Kebanyakan dokter malah menganjurkan wanita hamil untuk melakukan yoga pranatal, karena penelitian telah menemukan yoga bisa membantu banyak hal, mulai dari mempertahankan tekanan darah yang lebih rendah hingga tingkat pertumbuhan janin yang lebih baik.

Tapi, ada jenis yoga yang harus dihindari wanita hamil, Bun. Terutama yang melibatkan tekanan pada perut atau gerakan melompat, memutar, dan berbaring telentang. Yang perlu diperhatikan, sebelum melakukan olahraga apapun saat hamil, sebaiknya bicarakan dengan dokter.

Ilustrasi ibu hamil yoga untuk atasi insomniaIlustrasi ibu hamil yoga untuk atasi insomnia/ Foto: thinkstock
Menurut survei nasional, lebih dari 55 persen yogi mengklaim yoga bisa membantu tidur mereka, Bun. Yoga membantu mengarahkan seseorang pada respons parasimpatis yang mengirim sinyal ke tubuh untuk bersantai. Dikutip dari Essential Baby, The Royal Australian and New Zealand College of Obstetricians and Gynaecologists (RANZCOG) menyebutkan olahraga yang disarankan untuk ibu hamil yakni aerobik dan kekuatan.

Misalnya jalan santai, berenang, atau naik sepeda statis. Untuk frekuensi olahraga, setiap hari bisa sekitar 30 menit. Intensitas olahraga disesuaikan dengan kebiasaan olahraga sebelum hamil. (rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi