kehamilan

3 Hal Keliru yang Sering Bunda Lakukan Saat Masa Kehamilan

Rabu, 19 Dec 2018 11:20 WIB
3 Hal Keliru yang Sering Bunda Lakukan Saat Masa Kehamilan
Jakarta - Di zaman sekarang ini, ibu hamil (bumil) makin mudah mendapatkan informasi seputar kehamilan. Misalnya dengan mencari informasi lewat internet, ikut forum bumil di chat group, hingga datang ke seminar.

Meskipun Bunda telah mengetahui ragam informasi seputar masa kehamilan, nggak jarang ada beberapa hal keliru yang masih dilakukan, khususnya pada masa trimester awal kehamilan.


Pertama, biasanya Bunda tidur dalam waktu yang lama. Memang saat hamil tubuh cepat lelah, tapi sebaiknya Bunda tidak tidur sepanjang waktu karena bisa menyebabkan efek buruk bagi janin. Jadi, usahakan Bunda tidur 6 - 8 jam dan jika merasa lelah, lakukan istirahat secukupnya.

"Tidur terus menerus akan mempengaruhi posisi janin, bahkan pada kehamilan besar akan menentukan letak kepala janin dan juga mengurangi kesiapan otot-otot panggul ibu saat melahirkan," ungkap Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Kedua, Bunda sering menyepelekan olahraga. dr Muliaman menjelaskan, olahraga bagi ibu hamil biasanya dianjurkan setelah melewati trimester kedua. Pada awal kehamilan, tiga bulan pertama tidak dianjurkan untuk berolahraga yang berat. Apalagi jika ada riwayat keguguran sebelumnya, maka tidak dianjurkan untuk berolahraga.

"Pada trimester 2, olahraga bisa dilakukan rutin 2 - 3 kali seminggu, tapi tetap bukan olah raga yang berat. Pada trimester 3 atau terakhir, intensitas olahraga mulai normal, tapi tetap tidak membahayakan ibu dan risiko terlalu banyak gerakan disekitar perut dan panggul. Olahraga yang dianjurkan seperti jalan, senam hamil, dan berenang," jelasnya.

Terakhir, bumil seringkali makan dalam porsi berlebih. Ingat ya Bun, bukan berarti sedang hamil bisa makan sebebasnya dan sepuasanya. Faktanya, kebiasaan ini bisa membahayakan janin serta membuat bayi mengalami obesitas saat remaja.

"Pada wanita hamil, karena lagi mengandung bayi bukan berarti harus makan porsi untuk dua orang, tapi biasanya kebutuhan energi memang akan berlebih pada saat hamil. Biasanya sekitar 300 kcal tambahannya per hari," kata dr. Muliaman.


Ia menegaskan agar bumil memperhatikan kualitas bahan makanan dan jangan hanya mendapatkan kalori tambahan dari karbohidrat. Namun, pilih kalori tambahan dari protein dan lemak esensial.

Tambahan asupan yang baik bagi Bunda antara lain PRENAGEN mommy. Nutrisinya lengkap bagi bumil dan telah disesuaikan dengan kebutuhan gizi bumil karena mengandung nutrisi makro dan mikro. (ega/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi