sign up SIGN UP search


kehamilan

14 Makanan Penyebab Keguguran di Awal Kehamilan

Amelia Sewaka Jumat, 04 Jan 2019 17:58 WIB
Aloe vera dan kafein
Hindari beberapa makanan ini jika Bunda tak ingin keguguran di usia dini kehamilan. caption

1. Nanas

Nanas mengandung bromelain yang dapat melunakkan serviks dan memulai kontraksi pada wanita hamil. Inilah yang akhirnya menyebabkan keguguran pada bumil. Yang terbaik adalah menghindari mengonsumsi jus nanas atau nanas selama tahap awal kehamilan.

2. Kepiting


Meskipun kepiting adalah sumber kalsium yang kaya, namun makanan ini juga mengandung kadar kolesterol tinggi. Ini dapat menyebabkan penyusutan rahim, yang menyebabkan perdarahan internal dan kemungkinan keguguran. Oleh karena itu, meskipun rasanya enak, akan lebih baik Bunda tidak memakan kepiting selama kehamilan.

3. Hati (liver) hewan

Hati biasanya dianggap sehat karena banyak mengandung vitamin A. Karena itu, nggak masalah kalau dalam sebulan kita beberapa kali mengonsumsi hati. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah besar oleh wanita hamil, ternyata dapat menyebabkan kesulitan selama kehamilan karena dapat meningkatkan akumulasi retinol secara bertahap, yang dapat berdampak buruk pada bayi.

4. Aloe Vera

Aloe Vera luar biasa terkenal dengan banyak manfaat kesehatannya. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil mungkin harus mempertimbangkan sebelum makan lidah buaya. Alasannya karena Aloe Vera terdiri dari antrakuinon, sejenis pencahar yang dapat menyebabkan kontraksi rahim dan perdarahan panggul, yang dapat menyebabkan kemungkinan keguguran.

5. Pepaya

Pepaya mentah atau pepaya hijau memiliki komponen yang bertindak sebagai pencahar dan dapat menyebabkan persalinan prematur dan memulai keguguran. Biji pepaya kaya akan enzim yang dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang menyebabkan keguguran. Itu sebabnya tidak aman untuk mengonsumsi pepaya dalam bentuk apa pun selama kehamilan.

6. Produk susu mentah

Produk susu yang tidak dipasteurisasi atau mentah seperti susu, gorgonzola, mozzarella, keju feta, dan brie dapat memiliki bakteri pembawa penyakit seperti Listeria monocytogenes, yang dapat berbahaya bagi kehamilan. Sangat tidak disarankan bagi wanita hamil untuk makan atau minum apapun yang terbuat dari susu mentah karena dapat menyebabkan komplikasi dalam kehamilan.

7. Kafein

Banyak peneliti mengatakan kafein dalam jumlah sedang dianggap aman selama kehamilan. Namun, disarankan bagi wanita hamil untuk mengamati beberapa pembatasan, karena peningkatan kadar kafein selama kehamilan, dapat menyebabkan masalah seperti keguguran atau rendahnya berat badan bayi saat lahir. Selain itu, kafein diyakini bersifat diuretik atau membuat seseorang mudah mengalami dehidrasi.

Herbal dan makanan laut
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi