sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Fakta Tentang Makan Telur Saat Hamil, Bunda Wajib Tahu

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 06 Jan 2019 07:59 WIB
Bunda yang sedang hami, perlu banget menyimak empat fakta tentang konsumsi telur berikut ini. caption
Jakarta -

Ibu hamil wajib banget konsumsi makanan bergizi, salah satunya telur nih, Bun. Bagi Bunda yang sedang hamil, ada empat hal tentang konsumsi telur saat hamil yang wajib banget diketahui.

Bunda mesti tahu, menurut American Egg Association, pekat atau pucatnya kuning telur mengindikasikan makanan yang dikonsumsi ayam petelur. Ayam yang diberi makan gandum dan rumput-rumputan kaya karoten umumnya memiliki warna kuning yang lebih mencolok. Tapi tidak menjamin apakah telur itu lebih bernutrisi dibandingkan kuning telur yang pucat atau tidak. Warna kuning telur juga bisa menggambarkan kesehatan ayam.

"Ayam petelur yang dibiarkan bebas (tidak selalu di kandang) punya 'akses' untuk mendapatkan makanan yang lebih beragam, sehingga menghasilkan kuning telur yang warnanya lebih gelap," kata Dr Hilary Shallo Thesma dari Egg Nutrition Center, seperti dilansir detikcom.

Ilustrasi ibu hamil makan telurIlustrasi ibu hamil makan telur/ Foto: Rifkianto Nugroho

Berikut empat fakta tentang konsumsi telur ayam saat hamil, yang wajib diketahui:

1. Kandungan protein

Sebutir telur ayam sedang mengandung 6,3 gram protein, demikian menurut Incredible Edible Egg. Menurut Dana Ericson, bidan di Midwife and Doula Services, disarankan ibu hamil konsumsi 90 - 110 gram protein tiap hari.

2. Kalori

Telur ayam, kata Dana menagandung kalsium, vitamin A, vitamin D, zat besi, mineral, dan potassium yang baik untuk perkembangan otak janin. "Ibu hamil disarankan mendapat tambahan 200 - 300 kalori tiap hari. Dari sebutir telur sedang, ibu hamil bisa mendapat tambahan sekitar 70 kalori," ujar Dana dikutip dari Live Strong.

3. Chlorin

"Makan dua butir telur bagi ibu hamil bisa membantu menyediakan hampir setengah kebutuhan chlorin. Sumber chlorin lain yang yang baik bagi ibu hamil seperti hati sapi dan hati ayam," ujar Dana.

4. Batasan konsumsi kuning telur

Telur, termasuk kuning telur memang baik bagi ibu hamil. Tapi, Incredible Egg merekomendasikan Bunda nggak mengonsumsi 3 sampai 4 butir telur (terutama kuning telur) dalam seminggu. Ingat, kata Dana, kuning telur juga mengandung kolesterol cukup tinggi. Jadi, konsumsinya harus dibatasi ya, Bunda.

Terlebih, jika Bunda punya masalah dengan kadar kolesterol yang cukup tinggi. Sehingga, batasi konsumsi telur maksimal empat butir seminggu.


(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!