kehamilan

Hamil 6 Bulan, Poppy Sovia Lebih Susah Bergerak dan Moody

Annisa Karnesyia Rabu, 20 Mar 2019 18:00 WIB
Hamil 6 Bulan, Poppy Sovia Lebih Susah Bergerak dan Moody
Jakarta - Poppy Sovia sedang menanti kelahiran anak pertamanya. Memasuki bulan keenam kehamilannya, Poppy punya cerita tentang perubahan yang dia alami, mulai dari kesulitan bergerak karena berat badan hingga mood yang gampang berubah.

"Jadi semakin sensitif dan moody. Tapi Alhamdulillah masih bisa diatasi dan lagi menyesuaikan juga. Berantem dengan suami dan nangis-nangis enggak jelas karena hormon itu ada," ujar Poppy dikutip dari InsertLive.

Sejauh ini, Poppy mengungkapkan tidak mengalami ngidam tertentu. Bayi di dalam kandungan wanita berusia 34 tahun ini pun disebutkan enggak rewel. Wah, syukurlah.




"Aku alhamdulillah enggak rewel, kayak enggak harus gimana-gimana gitu. Aku cuma ngidam pengen beli rumah, itu aja," ujar Poppy.

Selama hamil, Poppy mengaku tidak suka makan terlalu banyak karena takut gemuk. Perubahan berat badannya sekarang juga membuat perubahan kecepatan berjalan saat beraktivitas.

"Jalannya jadi kayak siput gitu. Aku kan dulu tipe yang kurus, kalo jalan pahanya enggak nempel. Semenjak hamil ada perubahan jalan dan kecepatan. Kalo aku siaran, naik tangga harus pelan-pelan. Tapi aku nikmati sih," tutur Poppy.

[Gambas:Instagram]

"Aku juga pernah sempat bengkak kaki. Padahal yakin banget enggak bakal bengkak kakinya, cukup tangan aja. Tapi mungkin karena duduk terus, jadi akhirnya bengkak. Sempat direndam dengan air garam juga," sambung Poppy.

Perubahan fisik ibu hamil yang dialami Poppy Sofia memang bisa mengganggu aktivitas ya, Bun. Menurut Kim Trout, perawat dan asisten profesor kesehatan wanita di Universitas Pennsylvania School of Nursing di Philadelphia, tubuh wanita mengalami banyak transformasi selama sembilan bulan kehamilan yang bisa mengganggu aktivitas.

"Beberapa perubahan fisik itu ada yang terlihat seperti kenaikan berat badan. Lalu, ada juga perubahan tak terduga yang mengejutkan seperti bengkak pada kaki," ujar Trout, dilansir Live Science.



Kenaikan berat badan dan perubahan fisik selama masa kehamilan harus diperhatikan terutama soal makanan dan gizi ibu. Jangan karena berat badan naik, Bunda mengurangi asupan makan ya.

"Ibu hamil butuh 340 kalori. Boleh makan apa saja, yang penting enggak berlebihan dan kekurangan. Selain itu, makanan harus mencakup sumber karbohidrat, protein, dan cukup serat agar tetap sehat," kata dr.Nurdadi Saleh, Sp.OG, dikutip dari detikcom.

Untuk perubahan fisik seperti bertambahnya berat badan dan pembengkakan kaki selama kehamilan, menurut dr.Gde Suardana Sp.OG, bisa diatasi dengan banyak bergerak. Salah satunya ialah rutin jalan kaki di pagi hari sesuai dengan kemampuan.

"Biasanya 20 sampai 30 menit sehari. Ibu hamil harus bergerak seperti berolahraga dan juga melatih olah napas. Gunakan pakaian yang longgar supaya pembuluh darah lancar," kata Gde.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi