kehamilan

Aura Kasih Ngidam Pegang Ular, Berbahaya Enggak Sih?

Yuni Ayu Amida Jumat, 22 Mar 2019 07:00 WIB
Aura Kasih Ngidam Pegang Ular, Berbahaya Enggak Sih?
Jakarta -
Penyanyi Aura Kasih saat ini sedang hamil, Bun. Alih-alih ngidam makanan atau hal-hal menyenangkan lainnya, istri Eryck Amaral () ini malah ngidam ular. Wah!
Diintip dari akun Instagram @aurakasih, pelantun lagu Temani Diriku ini mengunggah potretnya dengan sang suami yang memegang ular berwarna kuning. Wanita 32 tahun ini tidak terlihat takut dan ikut memegang ular berukuran besar itu.

"Pagi2 di grebek sama si @hendricoandrian bawa binatang se abreg !!! ngidam yg ter realisasi," tulis Aura Kasih.
Dikutip dari detikcom, wanita kelahiran Bandung ini mengungkapkan kalau dirinya memang penyuka hewan. Ular di foto tersebut memang hewan peliharaannya sejak lama, yang dititipkan pada temannya karena dia sedang hamil.
"(Dibilang ngidam) enggak, kalau ular itu emang udah punya dari dulu, tapi karena hamil dia aku titipin ke temen aku. Kebetulan, bawain lagi dong ularnya ke sini, mau liat lagi, seperti apa, gitu aja," jelas Aura Kasih.
Wanita yang sedang hamil enam bulan ini juga mengatakan, banyak netizen yang mengirim pesan padanya untuk berhati-hati. Aura Kasih sendiri tidak setuju saat ada warganet yang berkomentar bahwa ular adalah hewan yang jelek.
"Ditanya takut sih enggak, banyak yang DM, 'mba lagi hamil, jangan, istighfar, karena itu binatang jelek'. No, menurut aku semua binatang lucu, kata aku. Enggak boleh bilang jelek," tuturnya.
Bicara soal ngidam, menurut Dr. Med. dr.Damar Prasmusinto, Sp.OG(K), yang kerap disapa dr.Damar, teori pertama tentang ngidam adalah teori perlindungan untuk ibu dan janin.
Menurut Damar, semua makhluk hidup dirancang memiliki daya tahan tubuh. Jadi, semua benda asing akan ditolak dari tubuh. Nah, tapi karena kuasa Tuhan, ketika ada janin di dalam tubuh ibu, janin itu tidak dikeluarkan.
"Akhirnya terjadi yang namanya morning sickness. Ketika mual, otomatis muntah dan bunda kekurangan nutrisi. Penurunan nutrisi inilah yang menyebabkan bunda ngidam," jelas Damar.
Teori berikutnya berhubungan dengan perubahan Peptida Opioid Endogen (POE). Biasanya, saat ngidam, kadar POE dalam tubuh ibu hamil meningkat. POE ini berhubungan kuat dengan asupan makanan.
"Enggak cuma POE yang meningkat, beta endorfin dan met-enkafelin pun meningkat. Hal ini memicu ibu hamil cenderung menginginkan makanan yang bisa memuaskannya," kata Damar.
Lalu bagaimana jika Bunda ngidam hal-hal aneh saat hamil, apa perlu dituruti?

"Jika yang diinginkan ibu hamil itu tidak berbahaya, boleh saja untuk dituruti keinginannya," kata dr.Stone, dikutip dari Parents.
Nah, selama ngidam anehnya enggak berbahaya, masih boleh ya, Bun. Tapi kalau tidak baik untuk kandungan, sebaiknya jangan. Yang terpenting, selalu diskusikan dengan pasangan ya, Bun.



(yun)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi