kehamilan

7 Makanan yang Bisa Bantu Tingkatkan Kesuburan

Annisa Karnesyia Sabtu, 13 Apr 2019 13:30 WIB
7 Makanan yang Bisa Bantu Tingkatkan Kesuburan
Jakarta - Menerapkan diet dan memilih makanan yang tepat dipercaya bisa membantu meningkatkan kesuburan. Mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membuat sel telur wanita sehat.

Menurut associate profesor obstetri dan ginekologi dari Columbia University Medical Center, Zev Williams, MD, Ph.D, kita tidak bisa mengembalikan waktu atau menambah sel telur yang baru. Tapi kita bisa mengubahnya dengan perubahan pola hidup termasuk memilih makanan dan diet yang tepat.

"Konsumsi makanan bergizi dan melakukan diet bisa membuat sel telur menjadi sehat sehingga meningkatkan peluang untuk hamil," kata Williams, dikutip dari Well and Good.



Para ahli juga mengatakan jika diet dan memilih makanan tertentu dapat berperan besar dalam mengoptimalkan kesuburan. Pilihan makanan yang tepat juga dapat mengurangi faktor risiko saat Bunda dinyatakan hamil.

Melansir dari Motherly, berikut 7 pilihan makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah sumber omega 3 yang baik untuk tubuh. Selain baik untuk perkembangan otak, ikan salmon dapat membantu melancarkan menstruasi dan membuat siklus haid teratur.

2. Gandum

Mengkonsumsi gandum dapat mengontrol kadar gula darah dan produksi hormon insulin. Terjaganya gula darah dan insulin dapat memengaruhi keseimbangan hormon, Bun.

Fluktuasi kadar gula darah dan insulin dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes yang dapat memicu masalah kesuburan.

3. Greek yogurt

Greek yogurt adalah sejenis yogurt yang teksturnya sedikit kental. Makanan ini mengandung protein, kalsium, dan vitamin D. Nah, vitamin D memainkan peran penting dalam siklus menstruasi yang normal dan meningkatkan kesuburan bisa dibarengi dengan melakukan hubungan seksual rutin.

makanan subur/makanan subur/ Foto: istock


4. Bayam

Bayam mengandung banyak asam folat dan mineral besi. Mineral besi penting untuk siklus haid dan mendukung ovulasi serta perkembangan sel telur yang sehat.

Sedangkan, asam folat adalah nutrisi penting yang dibutuhkan di awal kehamilan. Asam folat bermanfaat untuk perkembangan otak dan jantung janin serta mencegah komplikasi buruk kehamilan.

5. Kacang-kacangan

Seperti bayam, kacang-kacangan juga mengandung mineral besi dan asam folat. Bedanya, pada kacang-kacangan terdapat banyak serat yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan dan mengeliminasi kelebihan hormon dalam tubuh.

6. Bluberi

Buah bluberi mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan sel reproduksi yang disebabkan faktor lingkungan seperti zat berbahaya. Antioksidan di buah bluberi juga mampu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.

7. Tiram atau oyster

Mengkonsumsi tiram mentah harus dihindari selama kehamilan. Tapi tiram mentah bisa dikonsumsi oleh pria dan wanita untuk meningkatkan kesuburan karena kaya mineral zinc.


[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi