kehamilan

Pengaruh Suhu Panas pada Kualitas Sperma dan Kesuburan Pria

Annisa Karnesyia Minggu, 14 Apr 2019 19:33 WIB
Pengaruh Suhu Panas pada Kualitas Sperma dan Kesuburan Pria
Jakarta - Untuk hamil dan mendapatkan keturunan, faktor yang paling penting tentunya kesuburan. Tapi kesuburan seringkali dikaitkan dengan wanita saja, Bun. Padahal, faktor kesuburan pria juga berpengaruh, salah satunya kualitas sperma.

"Sperma akan terus diproduksi oleh pria selama masih memiliki testis atau buah zakar. Yang jadi masalah adalah hasil produksi testisnya itu berkualitas atau tidak," kata Dr.dr.Ali Sungkar, SpOG kepada Haibunda baru-baru ini.

Menurut Ali, untuk mengetahui kesuburan pada pria bisa dilakukan pemeriksaan sperma. Salah satu yang memengaruhi kualitas sperma adalah sering atau tidaknya pria terpapar suhu panas.


"Selain nutrisi, sering terpapar suhu panas bisa membuat kualitas sperma jelek," ujar Ali.


Itulah mengapa skrotum pada alat kelamin pria berada di luar. Fungsinya untuk melindungi sperma agar kualitasnya tidak rusak.

"Sperma yang keluar dari pria sekitar 70 juta. Belum tentu semuanya punya kualitas bagus, tapi seharusnya hanya berapa persen saja yang jelek," tuturnya.

sprema priasperma pria/ Foto: istock


Melansir dari Your Fertility, testis membutuhkan suhu yang lebih rendah dari suhu tubuh agar kualitas sperma baik. Ini sebabnya skrotum memiliki fungsi sebagai 'pengatur suhu' yang mengatur suhu testis.

Jika suhu sekitar testis panas, bisa terjadi gangguan pada produksi dan kualitas sperma. Testis bisa memproduksi sperma lagi jika suhu skrotum berada dalam level normal, namun ini butuh waktu beberapa bulan untuk kembali.

Ada 4 hal yang bisa dilakukan untuk menjaga suhu testis tetap dalam kondisi normal.

1. Jangan terlalu sering mandi air hangat dan hindari ke sauna atau spa

2. Hindari memangku laptop atau meletakkan telepon genggam di area penis

3. Jaga berat badan ideal. Berat berlebih dan obesitas bisa meningkatkan suhu di area mister P

4. Hindari menggunakan celana sempit

Ada beberapa aktivitas yang secara langsung dapat membuat penis terpapar suhu panas seperti menyetir mobil atau pekerjaan yang berhubungan dengan mesin panas. Sebaiknya, segera lakukan pencegahan agar tidak berdampak buruk pada kualitas sperma yang bisa memengaruhi kesuburan.


[Gambas:Video 20detik]
(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi