kehamilan

6 Gaya Hidup yang Pengaruhi Kesuburan Bunda dan Ayah

Annisa Karnesyia Kamis, 18 Apr 2019 10:00 WIB
6 Gaya Hidup yang Pengaruhi Kesuburan Bunda dan Ayah
Jakarta - Menjaga kesehatan menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kesuburan dan membuka peluang hamil. Salah satunya dengan mengubah gaya hidup.

Beberapa gaya hidup yang bisa menurunkan kesuburan sebaiknya dihindari tidak hanya oleh wanita tapi juga pria, Bun. Nah, berikut 6 gaya hidup yang berpengaruh pada kesuburan yang Bunda dan Ayah harus tahu.

1. Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko menurunnya kesuburan pada pria dan wanita. Pada pria, merokok akan memengaruhi kemampuan ereksi. Sementara itu, pada wanita yang aktif merokok mereka butuh waktu lebih lama untuk hamil.

Merokok juga dapat memiliki efek negatif pada struktur genetik, motilitas (pergerakan sperma) dan morfologi sperma. Kemudian jumlah sperma rata-rata jadi 13-17 persen lebih rendah.

"Sperma pada dasarnya mudah mencapai sel telur, namun jika pria adalah perokok aktif, akan berakibat buruk pada struktur genetik, contohnya DNA," kata Declan Keane, embriologis klinik dan founder ReproMed Fertility Clinics, dilansir Independent.

2. Konsumsi alkohol

Mengkonsumsi satu sampai lima gelas wine dalam seminggu dapat memberikan efek negatif pada kesuburan. Meminum alkohol juga dapat mengganggu ovulasi.

Namun, menurut Dr. Annie Britton, dosen Departemen of epidemiology & Public Helath dari University College London, berhenti minum alkohol tidak begitu berhubungan dengan konsepsi. Bahkan tidak begitu memengaruhi kesuburan.

"Meskipun begitu, lebih baik coba menghindari konsumsi alkohol karena dapat mengganggu siklus menstruasi dan berakibat buruk pada janin selama hamil," ujar Britton, dikutip dari Medical News Today.

3. Paparan dari lingkungan

Melansir dari Reproductive Science Center of New Jersey, beberapa bahan kimia disebut dapat menciptakan hormon wanita dalam tubuh pria yang mengakibatkan menurunnya produksi sperma. Peptisida, herbisida, dan insektisida adalah contoh bahan kimia yang dapat memengaruhi kemampuan sperma dalam membuahi sel telur.




(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi