sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab Telinga Berdengung Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Asri Ediyati Sabtu, 10 Oct 2020 12:18 WIB
pregnant young woman caption
Jakarta -

Sepanjang kehamilan, ada berbagai kondisi yang mungkin dialami oleh ibu hamil. Salah satunya adalah telinga berdengung. Apakah Bunda juga mengalaminya?

Telinga berdengung ini disebut dengan tinnitus. Suara yang ditimbulkan akibat tinnitus dapat dikategorikan menjadi bersiul, mendesis, atau suara 'klik' di telinga. Kondisi ini bisa bersifat sementara, kronis atau persisten.

Apakah telinga berdengung umum dialami ibu hamil? Uniknya, tinnitus sebenarnya lebih umum dialami oleh pria yang berusia di atas 50 tahun. Namun, saat hamil fenomena ini bisa terjadi karena peningkatan progesteron. Kuping menjadi berdengung sangat umum terjadi pada trimester pertama, dan bisa berlangsung hingga akhir kehamilan.


Selain peningkatan hormon progesteron, mengutip Mom Loves Best, penyebab lainnya adalah serumen telinga yang menumpuk, masalah gigi, sakit kepala, tekanan darah tinggi, dan anemia.

Bagaimana cara mengatasinya? Dokter spesialis THT Dr. Sharfa Afreen(ENT) memberikan beberapa cara untuk mengatasi telinga berdengung saat hamil.

Pertama, kendalikan level stres. Bunda mungkin berjuang dengan berbagai masalah selama kehamilan, seperti kelelahan, sulit tidur, gelisah, dan lainnya. Tentu hal tesebut dapat menyebabkan stres dan kecemasan selama kehamilan. Selain menimbulkan komplikasi lain, stres juga dapat menyebabkan tinitus.

Kedua, jauhi suara keras. "Suara keras dapat memperburuk gejala tinitus dan menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan. Coba dan hindari semua jenis suara keras selama kehamilan," kata Afreen, dikutip dari Parenting Firstcry.

Bila tadi melihat penyebabnya, salah satunya adalah darah tinggi dan anemia. Coba konsumsi makanan dengan gizi seimbang, Bunda. Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang selama kehamilan untuk menjaga kebugaran dan tetap energik.

"Juga, batasi asupan garam Anda karena itu adalah pemicu yang mungkin untuk tekanan darah tinggi yang dapat meningkatkan kemungkinan tinnitus Anda," kata Afreen.

Semoga bahasan di atas bisa menjawab kekhawatiran Bunda, saat kuping berdengung terus-menerus ya.

Simak juga informasi penting mengenai posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi