sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil, Cari Tahu Penyebabnya Bun

Meita Fajriana Sabtu, 04 Sep 2021 07:10 WIB
Hamil caption

Jakarta - Saat hamil, beberapa Bunda kerap merasakan gatal di area perut. Hal ini wajar terjadi dan dialami sebagian besar wanita hamil Bunda. Lantas apa yang menjadi penyebab perut gatal ibu hamil? Bagaimana cara mengatasinya? Simak terus penjelasannya ya Bunda. 

Melansir dari laman Very Well Family, penyebab perut gatal saat hamil biasanya karena kondisi kulit yang meregang. Saat hamil, perut Bunda akan semakin mengembang dan membesar untuk menjadi tempat janin berkembang, jadi mau tidak mau perut gatal akan Bunda rasakan. Namun, tidak berarti bahwa setiap orang akan mengalami gatal-gatal di area perut ya Bunda. 

Karena tidak ada cara untuk mencegah kulit perut meregang selama kehamilan, Bunda hanya bisa mengurangi rasa gatal pada perut ini dengan melakukan perawatan kulit. Apa saja perawatan yang bisa Bunda lakukan di rumah untuk mengurangi gatal di perut saat hamil? Simak penjelasannya yuk Bunda yang dilansir dari laman What to Expect. 


Infografis bagian tubuh bengkak saat hamilInfografis bagian tubuh bengkak saat hamil/ Foto: Infografis

1. Jaga kelembaban kulit perut

Memiliki kulit kering dapat memperburuk rasa gatal dan menyebabkan rasa kuat Bunda untuk menggaruknya. Tentu hal ini akan meninggalkan bekas Bunda. Untuk itu, menjaga kulit perut tetap terhidrasi dengan baik akan membantu mengurangi rasa gatal. Di sinilah krim kulit dan minyak berguna Bunda. 

Krim pelembap akan membantu menghilangkan rasa gatal. Tidak ada formula khusus yang dapat memberikan hasil instan, jadi jangan termakan promosi produk yang menjanjikan hasil yang cepat ya Bunda. Gunakan pelembap yang ringan, lembut, dan bebas pewangi agar aman untuk ibu hamil, kemudian aplikasikan lebih sering ya Bunda, terlebih ketika Bunda merasa kulit perut terasa kering.

Selain menggunakan krim, Bunda bisa melembapkan kulit dengan berendam dengan menambahkan oatmeal atau susu yang aman dan efektif dalam mengatasi gatal di perut saat hamil. Oatmeal dan susu dapat mengatasi kulit kering. 

2. Hindari hal yang membuat kulit kering

Tanpa disadari, ternyata Bunda kerap melakukan hal-hal yang menyebabkan kulit loh. Salah satunya yaitu sering mandi dengan air hangat. Meskipun mandi air hangat dapat meredakan pegal-pegal pada tubuh Bunda selama hamil, namun melakukannya dalam intensitas yang berlebihan dapat membuat kulit kering dan memicu rasa gatal.

Bunda juga bisa memastikan tidak menggunakan air terlalu panas ke area perut saat mandi. Setelah mandi lanjutkanlah dengan menggunakan losion ke seluruh tubuh untuk menjaga kelembapan kulit Bunda. 

Simak tips selanjutnya di halaman berikut!

Bunda, apakah perut terasa kembung saat hamil? Simak penyebabnya dalam artikel di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGURANGI GATAL DI PERUT SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!