sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Cara Kurangi Rasa Gatal pada Perut Ibu Hamil, Jangan Digaruk ya Bun

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 24 Jul 2022 13:55 WIB
Ilustrasi ibu hamil gatal caption
Jakarta -

Gejala hamil banyak macamnya, tidak hanya mual muntah. Bunda bahkan mungkin akan mengalami perut atau pusar gatal. Rasanya pasti tidak nyaman ya. Biasanya, orang tua zaman dulu selalu bilang perut hamil yang gatal disebabkan rambut bayi yang tebal. Benarkah itu?

Debra Rose Wilson, Ph.D., MSN, R.N., IBCLC, AHN-BC, CHT, praktisi kesehatan holistik mengatakan perut atau pusar gatal ini sebenarnya jauh lebih umum terjadi selama kehamilan ketimbang yang Bunda sadari. Ada berbagai penyebab perut gatal-gatal pada ibu hamil (bumil).

Berikut penyebab gatal paling umum pada bumil dikutip dari berbagai sumber:


1. Peregangan kulit

Wilson bilang, saat hamil kulit perut bumil akan meregang. Bunda mungkin mulai memperhatikan garis merah atau merah muda muncul di perut saat meregang. Peregangan ini untuk mengakomodasi rahim yang sedang berkembang. 

Dan peregangan ini juga dapat terjadi di kulit tips seperti di sekitar pusar. Inilah yang dapat menyebabkan gatal atau bahkan teriritasi atau menyakitkan.

"Sangat biasa mengalami gatal di atas benjolan Anda saat kulit mulai meregang di luar zona nyamannya," kata bidan Jules Robertson dilansi Mother and Baby UK.

Gatal biasanya dimulai sekitar 28 minggu, ketika perut benar-benar mulai terlihat. Namun, ini dapat terjadi lebih cepat, ketika kadar hormon mulai meningkat. 

Peningkatan progesteron dan estrogen meningkatkan suplai darah ke kulit. Diperkirakan bahwa estrogen khususnya dapat mempengaruhi kulit, membuat kehamilan bersinar, tetapi juga menyebabkan sensitivitas dan gatal-gatal.

2. Kulit kering

Kulit kering, kata Wilson, juga menjadi penyebab umum kulit gatal di bagian tubuh mana pun, termasuk perut yang sedang membesar. 

"Banyak orang hamil mengalami kulit kering akibat perubahan hormon yang menyebabkan kulit kehilangan kelembapan dan elastisitasnya. Anda mungkin juga melihat kulit mengelupas," jelas Wilson dilansir Healthline.

Cara redakan perut gatal saat hamil

Bagaimana cara untuk meringankan perut yang gatal saat hamil? Ada beberapa solusi yang dapat dicoba untuk mengatasinya: 

1. Oleskan pelembap

Oleskan heavy moisturizer ke seluruh perut bumil untuk membantu mengatasi gatal-gatal dari kulit kering. Waktu yang tepat untuk mengoleskan sesendok besar losion ke kulit adalah tepat setelah mandi atau mandi.

2. Mandi air hangat atau mandi

Air panas memang dapat mengeringkan kulit, sedangkan air hangat tidak memiliki efek yang sama. Gunakan pembersih ringan yang tidak akan mengiritasi kulit dan mengeringkan kulit setelahnya.

3. Mandi gandum

Para ahli sering menyarankan untuk memasukkan segenggam oatmeal koloid ke dalam bak mandi dengan air hangat atau suam-suam kuku sebagai strategi untuk mengobati eksim. Cara ini mungkin juga dapat membantu gatal yang disebabkan oleh kehamilan.

Tambahkan oatmeal ke dalam air mengalir, lalu rendam selama 10 hingga 15 menit.

Klik halaman berikutnya untuk mengetahui cara lain meredakan perut bumil yang gatal.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 fakta tentang baby bump.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CARA MEREDAKAN GATAL PADA PERUT BUMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!