kehamilan

Alasan Ayu Dewi Tak Puasa Ramadhan Saat Hamil

Yuni Ayu Amida Selasa, 21 May 2019 08:00 WIB
Alasan Ayu Dewi Tak Puasa Ramadhan Saat Hamil
Jakarta - Di Ramadhan kali ini, presenter Ayu Dewi memutuskan untuk tidak berpuasa. Istri dari Regi Datau ini tengah hamil anak ketiga dan sudah memasuki trimester kedua.

"Kebetulan enggak (puasa). Karena ada jam-jam tertentu lapar, terus kalau enggak makan maag." tutur Ayu Dewi, dikutip dari detikcom.


Sahabat Luna Maya ini memang khawatir kalau penyakit maagnya kambuh, apalagi dia tengah hamil. Namun, katanya, dia juga akan coba berpuasa.


"Bukan nyalahin puasanya sih, tapi memang belum nyoba. Tapi nanti boleh coba juga ya," ungkapnya.

Meski demikian, Ayu mengaku tak mengurangi aktivitasnya dan tetap bekerja seperti biasa. "Alhamdulillah disyukuri saja, rezeki di bulan puasa," ujarnya.

[Gambas:Instagram]


Hanya saja, wanita 34 tahun ini menuturkan kalau dia mengambil pekerjaan pagi hari saja. Sedangkan malam harinya, dia manfaatkan untuk meluangkan waktu bersama keluarga.

"Kalau kerja jalan pagi, kalau malam kadang-kadang. Yang penting semua sehat. Iya pagi kerja. Pulang sore beresin rumah, urusin anak. Jadi rumah rapi, suami happy," tuturnya.

Ketentuan puasa Ramadhan bagi ibu hamil memang tertuang dalam ajaran Islam, Bun. Menurut Ustazah Aini Aryani, LC, ibu hamil boleh tidak berpuasa jika ada kekhawatiran dalam dirinya, maupun anak yang dikandungnya. Tapi, kalau tidak ada kekhawatiran, maka dia tetap wajib berpuasa.

"Yang boleh tidak berpuasa bagi wanita hamil dan menyusui adalah kalau ada kekhawatiran atas dirinya, takut lemas, atau takut nanti anaknya keguguran, takut enggak dapat air susu," jelas Aini.


Nah, walau tidak berpuasa, ibu hamil wajib mengganti puasa tersebut di hari lainnya. Kata Aini, berdasarkan Mazhab Imam Syafi'i, kalau ibu hamil tidak berpuasa dengan alasan khawatir terhadap dirinya, lemas, letih, lesu dan segala macam, maka harus meng-qodho atau mengganti puasanya di hari setelah Ramadhan.

Tapi, Aini menjelaskan, kalau yang dikhawatirkan ibu hamil adalah janin dalam kandungan, maka konsekuensinya adalah qodho ditambah bayar fidyah.

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi