kehamilan

Kebiasaan Unik Ayu Dewi di Awal Kehamilan Ketiga

Yuni Ayu Amida Jumat, 10 May 2019 06:59 WIB
Kebiasaan Unik Ayu Dewi di Awal Kehamilan Ketiga
Jakarta - Artis Ayu Dewi saat ini sedang mengandung anak ketiga, Bun. Di kehamilan yang menginjak usia empat bulan, istri Regi Datau ini mengaku lebih sering mual dibanding kehamilan sebelum-sebelumnya.

"Awal-awalnya lebih rewel dibanding yang lain. Kalau anak pertama cuma dua minggu rasa-rasa maboknya, anak kedua sebulan, anak ketiga tiga bulan maboknya. Baru-baru aja saya bisa rasain makanan enak, pengen makan ini makan itu, tadinya mah enggak," kata Ayu Dewi, dikutip dari InsertLive.


Meski demikian, dia mengaku tidak merasakan ngidam macam-macam. Ia hanya selalu ingin berada di samping suaminya.


"Ngidam seperti biasa, aku ngidam suamiku untuk cepat pulang, dipeluk-peluk, diendus-endus," kelakar wanita 34 tahun ini.

Tak hanya itu, sahabat Luna Maya ini mengaku jadi lebih sering tidur. Setiap hari, dia selalu sempatkan untuk tidur siang.

"Pengennya tidur aja, tapi kan ada acara pagi. Jadi pagi, pulang, tidur, bangun bentar, masak buat anak, jemput anak sekolah, tidur lagi gitu, harus tidur siang pasti," jelasnya.

Ya, perubahan hormon pasti akan terjadi pada wanita ketika hamil, Bun. Di samping itu, banyak hal yang mesti dihindari selama hamil agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Dikatakan dr.Khanisyah Erza Gumilar, Sp.OG, dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya, kehamilan adalah 'hyperglicemic state', yaitu suatu keadaan di mana gula darah menjadi lebih tinggi dari biasanya.

"Kadar glukosa yang tinggi menyebabkan 'biochemical shock'. Akibatnya kadar oksigen berkurang, sehingga jadi cepat mengantuk," kata Erza, seperti dilansir detikcom.

Erza juga menjelaskan, saat hamil trimester pertama, ada tiga hal yang baiknya tidak dilakukan. Pertama, jangan naik turun tangga karena ini merupakan aktivitas yang berhubungan dengan rongga panggul.

Kalau Bunda terlalu sering naik turun tangga, dikhawatirkan bisa memanipulasi janin dan memicu kontraksi pada rahim.

"Kedua, jangan mengangkat beban berat, walaupun ukuran berat pada setiap orang berbeda. Sebab, bukan tak mungkin ketika melakukan aktivitas berat, ibu berisiko mengalami keguguran," papar Erza.


Ketiga, bila mau berhubungan seks, pastikan kondisi ibu tidak bermasalah. Sebab, aktivitas seks yang dirasa memberatkan bisa memanipulasi mulut rahim dan memicu kontraksi.

Selain itu, selama hamil, Bunda dianjurkan menghentikan kebiasaan hidup tidak sehat, serta makanlah makanan bergizi. Disarankan juga mengonsumsi vitamin kehamilan, terutama asam folat.

[Gambas:Video Insertlive]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi