kehamilan

Tips Ibu Hamil Bisa Mudik dengan Aman dan Nyaman

Tia Reisha Senin, 27 May 2019 11:31 WIB
Tips Ibu Hamil Bisa Mudik dengan Aman dan Nyaman
Jakarta - Mudik saat hamil mungkin riskan jika usia kandungan masih terlalu dini. Meski sebenarnya ibu hamil bisa bepergian saat mudik, tapi kadang kebanyakan ibu hamil memiliki risiko yang lebih tinggi pada 4 bulan pertama kehamilan.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr.Muliaman Mansyur, ada beberapa kondisi yang membuat ibu hamil perlu berhati-hati saat hendak melakukan perjalanan jauh seperti mudik. Kondisi tersebut di antaranya memiliki riwayat keguguran berulang dan mengalami mual serta muntah yang hebat.

"Sebenarnya ibu hamil bisa berpergian saat mudik, karena kehamilan adalah kondisi yang normal. Tapi, kadang kebanyakan wanita hamil yang berisiko seperti pada awal kehamilan 4 bulan pertama, janin baru tertanam di rahim dan beberapa ibu yang punya riwayat keguguran berulang, mual dan muntah hebat, atau ibu hamil melakukan tindakan khusus untuk terjadi kehamilan seperti bayi tabung, inseminasi kondisi yang tidak fit, maka harus berhati-hati saat mudik yang memerlukan waktu lama untuk berpergian karena kondisi-kondisi ini sangat butuh istirahat," paparnya kepada HaiBunda, Senin (27/5/2019).


"Kemudian juga pada kehamilan memasuki 3 bulan terakhir ibu hamil harus hati-hati pada risiko hipertensi berat, plasenta letak rendah, dan penyakit lain yang butuh istirahat. Dalam kondisi seperti itu biasanya ibu hamil tidak dianjurkan pergi mudik terlalu lama di perjalanan," sambung Muliaman.

Untuk itu, jika ibu hamil ingin mudik yang memerlukan waktu lebih 2 jam perjalanan, pastikan kondisi tubuh sehat dan stabil, jangan pergi sendirian, dan usahakan ada yang mendampingi. Lalu, kalau sedang dalam masa pengobatan yang mengharuskan untuk minum obat, jangan lupa membawa obatnya.

"Pastikan ibu hamil makan dan minum yang cukup selama perjalanan, jangan terlalu banyak jalan kaki selama mudik, cukup istirahat, jangan duduk di mobil terlalu lama, usahakan juga gerakkan kaki dan angkat sekali-kali kalau bisa, sehingga sirkulasi darah tidak menumpuk di kaki dan cairan juga tidak menumpuk di kaki," jelas Muliaman.


Ada juga hal penting lainnya yang harus dilakukan ibu hamil agar mudik aman dan nyaman, yakni selalu memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi susu khusus untuk masa kehamilan.

"Selama berpergian dan hamil pastikan nutrisi harus terpenuhi dengan baik. Hamil berarti tidak harus makan 2 kali tapi memang ada tambahan kalori dan nutrisi mikro selama hamil. Biasanya, tambahan ini bisa didapat dari susu khusus kehamilan karena lebih praktis saat berpergian mudik," kata Muliaman.

Salah satu susu khusus kehamilan yang bisa dipilih adalah Prenagen Mommy yang memiliki kandungan nutrisi lengkap ibu dan buah hati. Susu ini juga mengandung nutrisi makro dan mikro sesuai dengan kebutuhan ibu dan janin.

Prenagen Mommy juga mengandung zat besi, asam folat, AHA, dan DHA yang merupakan nutrisi lengkap. Agar lebih praktis, Bunda bisa membawa Prenagen Mommy UHT yang cocok sebagai bekal tambahan selama perjalanan mudik. (mul/ega)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi