kehamilan

Hitung Usia Kehamilan Berdasarkan Tinggi Rahim

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 14 Jun 2019 13:09 WIB
Hitung Usia Kehamilan Berdasarkan Tinggi Rahim
Jakarta - Untuk hitungĀ usia kehamilan atau lebih tepatnya memperkirakan usia kehamilan, Bunda bisa menggunakan tinggi rahim lho. Hmm, bagaimana caranya?

Disampaikan dr.Irfan Rahmatullah, SpOG, Bunda bisa melakukan pengukuran rahim ini sendiri di rumah. Caranya sederhana kok. Raba perut saat berbaring. Lalu, tandai dan kira-kira letak bagian tertinggi rahim.


"Lihat kira-kira di mana letak titik tertinggi rahim," ujar Irfan dalam bukunya 9 Bulan Dibuat Penuh Cinta Dibuai Penuh Harap.


Lalu, Bunda bisa bandingkan dengan gambar di bawah ini.

Hitung Usia Kehamilan Berdasarkan Tinggi RahimFoto: Buku 9 Bulan Dibuat Penuh Cinta Dibuai Penuh Harap


Dikutip dari Mayo Clinic, Bunda juga bisa melakukan pengukuran tinggi fundus untuk menghitung usia kehamilan. Disampaikan Yvonne Butler Tobah, MD, tinggi fundus adalah jarak dari tulang kemaluan sampai puncak uterus yang diukur dalam sentimeter.

Kata Tibah, setelah usia 20 minggu kehamilan, pengukuran tinggi fundus sering sama dengan usia minggu kehamilan. Misal tinggi fundus 27 cm, usia kehamilan Bunda berarti 27 minggu.

"Namun, pengukuran tinggi fundus kurang akurat jika ibu obesitas, punya riwayat fibroid, atau sedang hamil anak kembar," kata Tobah.



Bisa juga karena tinggi fundus lebih rendah atau tinggi dari ekspektasi. Kondisi ini bisa jadi tanda pertumbuhan janin lambat, bayi berukuran besar, cairan ketuban terlalu sedikit atau terlalu banyak.

"Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda. Nah, pengukuran fundus ini lebih sering dipakai untuk memantau perkembangan janin," ujarnya.


[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi