kehamilan

3 Pertanyaan soal Hitung Usia Kehamilan Melalui USG & Jawabannya

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 14 Jun 2019 16:35 WIB
3 Pertanyaan soal Hitung Usia Kehamilan Melalui USG & Jawabannya
Jakarta - USG (Ultrasonography) memang penting dilakukan ibu hamil. Selain untuk mengetahui usia kehamilan ibu, USG di awal kehamilan bisa membantu mengetahui kehamilan tersebut baik atau enggak, Bun.

Disampaikan dr.Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, USG menggunakan gelombang suara untuk membangun gambaran bayi di dalam rahim. Prosedur ini tidak menyakitkan dan bebas dari efek samping bagi ibu dan bayi.




"USG adalah alat yang sangat aman baik untuk ibu maupun janin. Sehingga bisa dilakukan sesering mungkin apabila diperlukan. Tidak seperti foto menggunakan X-Ray atau CT-Scan yang dalam dosis kumulatif sangat berbahaya," ujar Hari dilansir detikcom.

Pada ibu hamil, pemeriksaan USG biasanya dilakukan pada usia kandungan trimester pertama. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengecek status kehamilan atau kelainan-kelainan lain. Hari mengatakan bahwa posisi janin, janin kembar atau tunggal, dan kondisi janin dapat diketahui lewat USG

Nah, berikut ini beberapa pertanyaan terkait menghitung usia kehamilan melalui USG, dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber.

1. Kapan ini bisa dilakukan?

dr.Irfan Rahmatullah SpOG dalam bukunya 9 Bulan Penuh Cinta Dibuai Penuh Harap mengatakan pemeriksaan USG untuk mendeteksi kehamilan baru bisa diterapkan jika usia kehamilan Bunda sudah mencapai minggu ke-6.

"Beda dengan test pack yang sudah bisa mendeteksi adanya kehamilan di usia kehamilan 2 bulan," ujarnya.

2. Seberapa akurat metode ini?

3 Pertanyaan soal Hitung Usia Kehamilan Melalui USG & JawabannyaFoto: thinkstock


Dikutip dari American Pregnancy, penghitungan ukuran bayi dan usianya bisa dimulai setelah 5 atau 6 minggu setelah hari terakhir haid. Melihat ukuran dan usia janin merupakan metode paling akurat di awal kehamilan.

Keakuratan metode ini akan berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan.

3. Kapan waktu terbaik melakukan USG untuk menghitung usia kehamilan?

Waktu terbaik menentukan usia kehamilan yakni dengan melakukan pemeriksaan USG di usia 8 - 18 minggu. Biasanya, dokter juga akan melakukan penghitungan melalui hari pertama haid terakhir yang diperkuat dengan pemeriksaan USG.

[Gambas:Video Haibunda]



(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi