kehamilan

Memahami Keindahan Tubuh Ibu Usai Melahirkan dari Kate Middleton

Melly Febrida Sabtu, 15 Jun 2019 12:26 WIB
Memahami Keindahan Tubuh Ibu Usai Melahirkan dari Kate Middleton
Jakarta - Perut kok masih buncit setelah melahirkan? Jangan sedih, Bun. Kate Middleton dan Meghan Markle saja ketika muncul pertama kali usai melahirkan masih terlihat buncit. Dan itu seakan membuka mata seluruh dunia keindahan tubuh seorang ibu sebenarnya.

Pada awal Mei 2019, Meghan Markle dan Pangeran Harry tampil bersama putra pertama mereka Archie Harrison Mountbatten-Windsor, di St. George's Hall di Windsor Castle. Saat itu, baru dua hari setelah Meghan melahirkan si kecil Archie.




The Duchess of Sussex tampak bersinar dengan gaya rambut santai, riasan on-point, dan pilihan pakaian yang masih menunjukkan perutnya yang agak buncit. Meghan mungkin saja mengikuti jejak Kate Middleton yang dengan bangga memperlihatkan perubahan tubuh barunya usai menjadi ibu untuk ketiga anaknya, Pangeran George, Puteri Charlotte, dan Pangeran Louis.

Penulis Maressa Brown mengatakan, selama ini begitu banyak berita selebriti di tabloid yang menunjukkan berat badannya yang cepat kembali setelah melahirkan. Paling tidak, hal ini bisa bikin para wanita malu dan tertekan dengan tubuhnya sehingga memilih bersembunyi.

Namun, Brown bilang kemungkinan pada 2013 menjadi titik balik sejak Kate Middleton muncul di depan publik dengan tubuh seorang ibu apa adanya. Duchess of Cambridge memamerkan perutnya yang tak singset usai melahirkan Pangeran George.

"Ini busa jadi membantu membuka mata orang terhadap fakta bahwa tubuh wanita cukup ajaib untuk melahirkan manusia, tetapi juga membutuhkan waktu untuk kembali ke bentuk sebelum hamil, " tulis Brown mengutip Health.

Ya, enggak sedikit wanita yang memuji Kate karena tidak menyembunyikan tubuhnya usai melahirkan. Disebutkan, rata-rata penurunan berat badan wanita setelah melahirkan yakni 5,4 kg. Itu meliputi bayi, darah, cairan, cairan ketuban.

Memahami Keindahan Tubuh Ibu Usai Melahirkan dari Kate MiddletonMeghan Markle/ Foto: Getty Images


Jadi, dalam waktu 24 jam setelah melahirkan, benjolan perut mungkin hanya sedikit berkurang. Dikutip dari Daily Mail, butuh waktu sekitar enam sampai delapan pekan untuk menghilangkan perut besar bekas baby bump.

Tapi, sebenarnya penyusutan ukuran perut tergantung juga pada usia, ukuran bayi yang dilahirkan, cara melahirkan, kekuatan perut, dan berat badan ibu sebelum hamil.

Para ahli mengatakan, normalnya butuh waktu 6 - 12 bulan bagi ibu agar bobotnya bisa kembali normal seperti sebelum melahirkan. Kemudian, sebagian besar wanita kehilangan setengah dari berat bayi mereka pada 6 minggu setelah melahirkan (postpartum). Sisanya, bobot akan kembali seperti sebelum hamil dalam waktu beberapa bulan setelah melahirkan.



dr.Michael Triangto, SpKO dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran, mengatakan sangat sulit bagi ibu yang baru saja melahirkan untuk kembali ke bentuk tubuhnya yang semula. Menurutnya, tak ada cara instan untuk membuat perut kembali langsing hanya dalam beberapa jam.

"Memang ada program latihan dan olahraga yang dapat membantu ibu setelah melahirkan untuk kembali memiliki bentuk tubuh yang indah. Hanya saja efeknya tentu tak akan terlihat hanya dalam beberapa jam," kata Michael.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi