Sign Up search


kehamilan

Posisi Seks Nyaman Ketika Nyeri Punggung Saat Hamil

Maya Sofia Kamis, 04 Jul 2019 21:01 WIB
Posisi Seks Nyaman Ketika Nyeri Punggung Saat Hamil
Jakarta - Selain kram, keluhan lain perempuan hamil adalah nyeri punggung. Sebanyak 50-75 persen perempuan hamil akan mengalami nyeri punggung atau panggul.

Dikutip dari buku Pregnancy Questions & Answer, nyeri punggung saat kehamilan bisa disebabkan oleh postur yang tidak baik, cedera, atau kondisi 'tidak fit'. Penyebab ini sama seperti nyeri punggung pada orang yang tidak sedang hamil.

Namun, sebagian perempuan hamil dengan nyeri punggung sebenarnya mengalami sesuatu yang disebut nyeri gelang panggul. Hal tersebut adalah kondisi di mana sendi panggul jadi lebih longgar dan 'tidak terkunci' karena ligamen yang melunak.


Jenis nyeri itu biasanya dirasakan di daerah bokong, tetapi bisa menjalar ke tungkai. Terkadang bisa disertai nyeri pada pubis, tepat di atas kandung kemih.

Postur tubuh yang baik dan tegak bisa membantu mengurangi nyeri punggung dan nyeri panggul. Jika Bunda membungkuk atau menyandar, sendi panggul bisa 'mengunci' sehingga timbul nyeri. Pastikan Bunda berdiri tegak dan sangga punggung dengan bantal ketika duduk.

Lalu bagaimana jika Bunda ingin berhubungan intim dengan kondisi tersebut. Pastikan untuk melakukan posisi seks yang nyaman bagi Bunda dan Ayah ya.

Posisi Seks Nyaman Ketika Nyeri Punggung Saat HamilIlustrasi posisi seks nyaman ketika nyeri punggung saat hamil. (Foto: iStock)
Melansir dari Share Care, Bunda bisa meminta Ayah untuk memberi pijatan yang menenangkan pada punggung sebelum melakukan hubungan seks. Jangan lupa, pakai minyak pijat yang hangat dan aman bagi ibu hamil ya.

Setelah Bunda merasa relaks dan nyaman, posisi seks terbaik untuk sakit punggung saat hamil adalah menyendok. Ayah dan Bunda berbaring miring dan Ayah menghadap punggung Bunda.

Bunda juga bisa meminta saran soal posisi seks kepada ahli fisioterapi yang berpengalaman dalam menangani ibu hamil.

Cek manfaat berhubungan intim saat trimester di akhir kehamilan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi