kehamilan

10 Mitos Terkait Makanan Ibu Hamil yang Masih Sering Dipercaya

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 06 Jul 2019 09:00 WIB
1. Doyan makan daging, ibu hamil bayi laki-laki
Doyan makan daging, ibu hamil bayi laki-laki
1. Minum air kelapa hijau bikin air ketuban dan bayi lahir bersih

Faktanya, air kelapa kaya akan elektrolit yang menjaga keseimbangan cairan tubuh. Sehingga, Bunda bisa merasa sehat dan segar. Tapi, minum air kelapa hijau enggak memengaruhi ketuban atau kuli bayi.

Bayi selama di kandungan punya bulu halus atau lanugo yang perlahan lepas dan mengotori air ketuban. Makin lama di rahim, bayi semakin bersih karena lanugo-nya sudah lepas, yang membuat air ketuban terlihat keruh.

2. Ibu hamil ngidam makanan asin, bayinya laki-laki

Saat hamil, banyak perubahan terjadi di tubuh ibu termasuk mulut. Perubahan hormon bisa jadi meninggalkan rasa enggak enak di lidah, sedangkan indra perasa dan penciuman amat sensitif kala itu, hingga Bunda menolak beberapa makanan. Rasa mual dan muntah juga kadang hanya bisa direda dengan makanan tertentu.

Enggak ada hubungannya makanan yang diidamkan ibu hamil dengan jenis kelamin bayi karena ini tergantung preferensi masing-masing ibu.


3. Doyan makan daging, ibu hamil mengandung anak laki-laki

Bukan jaminan jika ibu hamil doyan makan daging berarti janin yang dikandung laki-laki.

4. Ibu hamil harus makan porsi dobel

Arti bilang, terapkan prinsip eat for you, bukan eat for two. Makanan yang disarankan untuk ibu hamil, lanjut Arti, makanan sehat. Lalu, terapkan pola makan dengan diet gizi seimbang dan porsinya disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan menu makanan Bunda mengandung karbohidrat, protein hewani dan nabati (dengan tambahan 20 gram di trimester dua dan tiga), lemak sehat, dan vitamin juga mineral.

5. Makan cumi saat hamil bikin bayi enggak pintar atau kulitnya hitam

Cumi-cumi enggak bikin si kecil bodoh kok, Bun. Tapi, cumi-cumi mengandung kolesterol tinggi, hingga tak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Apalagi jika disebut tinta cumilah yang bisa bikin kulit bayi hitam. Ini mitos ya. Sebab, warna kulit dipengaruhi kombinasi gen orang tua dan makanan yang diasup ibu.

Klik halaman berikutnya untuk menguak lima mitos makanan ibu hamil lain.
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi