kehamilan

5 Vitamin Penting yang Perlu Ada di Makanan Ibu Hamil

Annisa Karnesyia Minggu, 07 Jul 2019 15:00 WIB
5 Vitamin Penting yang Perlu Ada di Makanan Ibu Hamil
Jakarta - Makanan adalah asupan penting yang dibutuhkan selama hamil. Jenis dan jumlah makan selama hamil dapat menentukan status gizi dan perkembangan janin, Bun.

Pemilihan makanan yang sesuai, kata ahli gizi Dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, bisa mencegah, salah satunya anemia. Sehingga, Bunda enggak perlu lagi tambahan suplemen vitamin dan mineral untuk mencegahnya.

"Kalau makannya bagus, enggak ada komplikasi, suplemen enggak dibutuhkan kecuali pada ibu hamil yang status gizinya enggak seimbang," kata Rita kepada HaiBunda baru-baru ini.


Vitamin adalah salah satu kandungan makanan yang harus diperhatikan. Banyak fungsi dan peran vitamin yang bantu kesehatan ibu dan janin.

Nah, berikut kandungan dan fungsi vitamin dalam makanan yang Bunda harus tahu dan penting dipenuhi saat mengandung.

1. Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan janin. Dilansir Pregnancy Birth Baby, vitamin D bertugas mengatur jumlah kalsium dan fosfor dalam tubuh. Terlalu sedikit vitamin D akan menyebabkan bayi lahir dengan tulang rapuh dan menyebabkan gangguan perkembangan tulang.

Makanan yang mengandung vitamin ini di antaranya, minyak ikan, mentega terfortifikasi, dan sereal. Bila ingin lebih alami, Bunda bisa mendapatkannya dari sinar matahari pagi.

2. Vitamin A

Kata dr.Fredrico Patria, SpOG dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal, vitamin A dibutuhkan khususnya sepanjang trimester pertama. Vitamin A berkaitan dengan peningkatan daya tahan tubuh dan dapat diperoleh dari sayuran hijau, susu, dan hati ayam.

5 Vitamin Penting yang Perlu Ada di Makanan Ibu Hamil5 Vitamin Penting yang Perlu Ada di Makanan Ibu Hamil/ Foto: iStock

3. Vitamin B

Vitamin B dibagi menjadi tiga, yaitu B1, B2, dan B3. Vitamin B1 membantu meminimalisir morning sickness, melancarkan pencernaan, dan menyiapkan produksi ASI. Vitamin B2 dapat membantu perkembangan dan mengurai makanan untuk janin di minggu pertama kehamilan.

Sedangkan, vitamin B3 berfungsi untuk membentuk sel otak janin. Vitamin B5 untuk memelihara sel darah merah, vitamin B6 untuk kekebalan tubuh, dan vitamin B12 berperan membentuk sistem saraf pusat janin.

"Semua kandungan vitamin B bisa didapatkan dari susu, telur, hati ayam, sayur hijau, dan kacang-kacangan," kata Fredrico.

4. Vitamin C

Salah satu cara mencegah anemia pada ibu hamil adalah mengonsumsi makanan mengandung vitamin C. Vitamin ini berfungsi dalam penyerapan zat besi di usus dan lebih optimal jika dikonsumsi bersamaan dengan zat besi.

5. Vitamin E dan K

Fredrico menambahkan, vitamin E dan K juga memiliki peran penting pada kehamilan. Keduanya dibutuhkan janin untuk melindungi asam lemak tubuh.

"Vitamin E didapatkan dari gandum, sedangkan vitamin K dari sayuran berdaun hijau gelap," ujar Fredrico.


Bunda, simak juga fakta-fakta seputar kehamilan di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi