sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Alasan yang Membuat Bunda Sulit Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 11 Jun 2020 13:22 WIB
Young woman looking miserable staring at pregnancy test caption
Jakarta -

Kehamilan menjadi satu hal yang didambakan pasangan suami istri. Namun sayangnya, pernikahan yang sudah lama tak menjamin akan membuat Bunda cepat mendapatkan keturunan.

Beberapa hal memang biasanya membuat Bunda sulit hamil. Bahkan, beberapa di antaranya persoalan sepele yang mungkin kerap Bunda abaikan seperti stres.

Ingat ya, Bunda, stres entah itu baik atau buruk memang akan merugikan secara fisik maupun mental. Menurut dokter Via Bitidis yang merupakan co-director North Toronto Naturopathic Clinic, keseimbangan dan ketenangan merupakan bagian penting dari upaya untuk hamil.


"Ketika stres, sistem adrenal akan terkena dampaknya. Tubuh tidak akan mengatakan 'Oke, mari hamil'. Karena itu, belajarlah meluangkan waktu untuk diri sendiri demi meningkatkan peluang untuk memiliki bayi," ujarnya, seperti dikutip dari laman Today's Parent.

Melansir Very Well Family, beberapa faktor lainnya juga bisa menyebabkan kehamilan sulit diraih lho, Bunda. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Tidak berusaha cukup lama

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah berapa lama Bunda sudah mencoba. Mungkin Bunda akan terasa telah mencoba selamanya dan mungkin sudah berkali-kali. Tetapi, penting untuk mengetahui bahwa banyak pasangan tidak segera hamil.

Sekira 80 persen pasangan hamil setelah enam bulan mencoba. Sekira 90 persen akan hamil setelah 12 bulan mencoba untuk hamil. Ini mengasumsikan bahwa artinya diperlukan hubungan seks yang tepat waktu setiap bulan.

Young woman looking miserable staring at pregnancy test4 alasan Bunda susah hamil/ Foto: Getty Images

2. Kapan menghubungi dokter

Dokter tentu akan menyarankan Bunda untuk mengunjunginya jika sudah berusia 35 tahun atau lebih dan telah mencoba setidaknya selama enam bulan. Atau, usia Bunda lebih muda dari 35 tahun dan telah mencoba setidaknya satu tahun. Jika salah satu dari kondisi tersebut sesuai dengan situasi Bunda, maka segera temui dokter, bahkan jika Bunda tidak memiliki gejala masalah kesuburan sekalipun.

3. Tidak berovulasi

Konsepsi manusia membutuhkan telur dan sperma. Jika Bunda tidak berovulasi maka Bunda pun tidak bisa hamil. Anovulasi adalah penyebab umum infertilitas wanita dan dapat dipicu banyak kondisi.

4. Anovulasi dan disfungsi ovulasi

Sekitar 20-30 persen pasangan infertil menemukan faktor kesuburan di pihak pria. Dan 40 persen lainnya menemukan faktor infertilitas di kedua sisi. Hal lain yang perlu Bunda ketahui ialah infertilitas pria jarang memiliki gejala yang dapat diamati tanpa analisis semen, yang merupakan tes untuk mengukur kesehatan semen dan sperma. Ketika melakukan konsultasi ke dokter, pastikan keduanya sudah diuji.

Nah, itulah beberapa alasan yang mungkin memengaruhi Bunda sulit hamil. Ada baiknya memang segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik ya, Bunda.

Semoga membantu, Bunda.

Simak juga yuk tips cepat hamil dari dr.Reisa berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi