kehamilan

Cegah Kehamilan dengan Pil Kontrasepsi Darurat

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 30 Jul 2019 19:04 WIB
Cegah Kehamilan dengan Pil Kontrasepsi Darurat
Jakarta - Sudah terlanjur bercinta tanpa pengaman dan takut kebobolan, Bun? Kalau sudah begini pasti deg-degan nih menanti periode haid selanjutnya.

Untuk menunda kehamilan, sebagian Bunda memilih KB alami. Di antaranya, memanfaatkan jeda masa subur untuk bercinta tanpa pengaman. Tetapi seringkali, kekhwatiran hamil tetap saja menghantui ya, Bun. Untuk menghindarinya, tak sedikit Bunda memanfaatkan pil kontrasepsi darurat atau dikenal morning after pill sebagai cara untuk mencegah kehamilan.

Berbicara mengenai pil kontrasepsi darurat, pil ini memang memungkinkan diminum hingga 5 hari (120 jam) setelah berhubungan seks tanpa kondom untuk mencegah kehamilan. Jadi bukan keesokan paginya ya, Bun. Semakin cepat Bunda menggunakan pil kontrasepsi darurat tersebut, maka akan semakin efektif mencegah kehamilan.


"Yang paling penting tentang kontrasepsi darurat yang perlu ditekankan ialah semakin cepat digunakan maka semakin baik," ujar Tine Raine Benner, MD, MPH, seorang obgyn dan peneliti senior di Kaiser Permanente, dikutip dari laman Self.

Benner menerangkan bahwa penggunaan pil kontrasepsi darurat sesegera mungkin artinya, semakin cepat pil tersebut bekerja untuk mencegah lonjakan hormon yang memicu ovulasi.
Cegah Kehamilan dengan Pil Kontrasepsi DaruratKontrasepsi darurat cegah kehamilan/ Foto: iStock

Para ahli sendiri merekomendasikan untuk menyimpan pil kontrasepsi darurat jika Bunda ingin mencegah kehamilan.

Alasannya, ketika pil ini diminum dalam waktu lima hari setelah berhubungan seks tanpa pengaman, maka dapat meminimalisir risiko kehamilan. Dan semakin cepat Bunda mengonsumsinya semakin efektif hasilnya. Untuk itu, penting sekali untuk tidak menunda mengonsumsinya, Bun, agar efektivitas semakin tinggi, seperti dikutip dari laman Srhweek.

Tetapi, jika lebih dari tujuh hari sejak Bunda bercinta tanpa pengaman dan Bunda tidak mendapatkan menstruasi tepat waktu, segeralah lakukan tes kehamilan. Ingat ya, Bun, ECP atau pil kontrasepsi darurat bukanlah pil aborsi. Karenanya, ketika kehamilan terjadi, ECP tidak akan bekerja.

Semoga membantu, Bun.

Tapikalau Bunda ingin cepat hamil, simak juga nih cerita Chikita Meidy yang langsung hamil setelah menikah.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi