kehamilan

Penggunaan Kondom Wanita untuk Cegah Kehamilan

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 29 Jul 2019 17:59 WIB
Penggunaan Kondom Wanita untuk Cegah Kehamilan
Jakarta - Berbicara tentang kondom, biasanya akan langsung tertuju pada laki-laki. Maklum ya, Bun, selama ini memang kondom lebih akrab dengan kaum Adam.

Tapi, tahukah Bunda kalau ada kondom untuk perempuan yang bisa mencegah kehamilan? Sejauh ini, penggunaan kondom pada wanita memang belum sepopuler pada pria.

Banyak wanita yang masih merasa tabu menggunakan kontrasepsi seperti ini. Padahal, efektivitasnya pun tidak kalah dengan kondom pria dalam mencegah kehamilan.


Melansir Medical News Today, kondom wanita dapat diperoleh dengan bebas tanpa perlu resep dokter, Bun. Kondom ini pun dapat digunakan sebagai pengganti kondom pria tetapi tidak boleh digunakan oleh pria. Bunda juga tidak perlu khawatir karena kondom wanita diklaim efektif sebagai alat kontrasepsi, yang memiliki efektivitas sekitar 79 persen, berdasarkan data CDC.

Penggunaan Kondom Wanita untuk Cegah KehamilanKondom wanita cegah kehamilan/ Foto: iStock

Dr Melissa Kang, seorang gastroenterologist di New York mengatakan, kondom wanita menjadi alat pengubah permainan di tempat tidur yang potensial digunakan karena memberikan wanita kesempatan untuk melindungi diri dari kehamilan.

"Ini merupakan metode penghalang yang sangat efektif sehingga dapat mencegah dari IMS dan HIV dengan cara yang sama seperti kondom pria dan wanita dapat mengontrolnya," katanya seperti dikutip dari laman Abcnet.

Mengenai efektivitas dariĀ kondom wanita sendiri, Melissa menuturkan bahwa sama halnya dengan kondom pria yang umum digunakan. Kondom wanita secara fisik pun dapat mencegah pertukaran cairan tubuh (air mani dan cairan vagina). Artinya, sperma tidak bisa masuk melalui leher rahim untuk membuahi sel telur.

"Karena bahan kondom wanita mencakup beberapa labia, artinya akan menjadi sedikit lebih efektif mencegah beberapa infeksi kulit seperti virus herpes dan virus kutil," kata Melissa.

Tertarik untuk mencobanya, Bun?

Simak fakta bahaya nanas untuk ibu hamil dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi