kehamilan

Bahaya Ibu Hamil Konsumsi Mangga Muda Berlebihan

Yuni Ayu Amida Minggu, 04 Aug 2019 08:30 WIB
Bahaya Ibu Hamil Konsumsi Mangga Muda Berlebihan
Jakarta - Tidak bisa dipungkiri, ketika hamil banyak ibu cenderung ngidam yang asam-asam, salah satunya mangga muda. Tapi, sebenarnya amankah mangga muda dikonsumsi ibu hamil?

Dijelaskan dr.Ameetha Drupadi, makan mangga muda saat hamil aman-aman saja, Bun. Asal jangan terlalu sering dan makannya tidak dalam keadaan perut kosong.

"Kalau ibu hanya sesekali saja, ingin nyoba, namun udah cukup kebutuhannya, jadi dalam sehari udah makan nasi, hanya ingin ngemil mangga muda boleh aja, asal jangan dalam perut kosong," jelas Ameetha ketika dihubungi HaiBunda belum lama ini.


Kata Ameetha, ibu hamil membutuhkan kalori lebih banyak dibanding saat tidak hamil. Itu sebabnya bumil memerlukan gizi seimbang, baik karbohidrat, protein, lemak, sayuran, vitamin, mineral.

"Jika ibu hanya makan mangga muda saja, itu untuk kalori enggak ada di mangga muda, kandungannya hanya vitamin saja, paling C, jadi tidak akan mencukupi kebutuhannya selama hamil," tutur wanita yang juga konselor laktasi ini.

Bahaya Ibu Hamil Konsumsi Mangga Muda BerlebihanFoto: iStock

Meskipun aman, Ameetha juga mengingatkan bahwa rasa asam pada mangga muda juga bisa berbahaya untuk ibu hamil. Itu sebabnya ibu hamil tidak boleh makan mangga muda terlalu banyak dan sering, apalagi mengonsumsinya saat perut kosong.

"Karena ada janin dalam perut, dia akan menekan lambung, sehingga ibu hamil cenderung lebih sering kenyang, sering begah, jadi asam lambung lebih gampang meningkat," jelasnya.

"Mangga muda karena asam itu dapat meningkatkan asam lambung ibu, yang bisa menyebabkan sakit mag, enek, mual, pusing," sambungnya.

Simak pula video soal fakta es batu untuk ibu hamil ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi