sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Manfaat Tak Terduga Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Haikal Luthfi Jumat, 20 Nov 2020 07:07 WIB
Pregnant woman sitting on couch and holding her abdomen caption
Jakarta -

Ketika hamil, kebutuhan akan asupan nutrisi sangatlah penting. Untuk memenuhi nutrisi ibu dan bayi, ada beberapa makanan yang penting untuk dikonsumsi ibu hamil, salah satunya buah-buahan.

Ya, buah-buahan sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Dilansir dari laman HealthLine, para ahli medis merekomendasikan makan dua hingga empat porsi buah setiap hari.

Meski tidak semua buah aman bagi ibu hamil seperti halnya nanas serta durian. Namun, buah yang satu ini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu buah mangga.


Buah mangga kaya akan vitamin A, dan C lho, Bunda. Dalam satu cangkir jus mangga, menyediakan sekitar 100 persen dari angka kebutuhan gizi (AKG) vitamin C, dan lebih dari sepertiga dari AKG untuk vitamin A.

Banyaknya kandungan gizi yang terdapat dalam buah mangga sangat bermanfaat bagi kesehatan. beberapa manfaat itu, di antaranya dapat melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, serta menambah sistem kekebalan daya tahan tubuh.

Itu sebabnya mengapa buah yang identik dengan rasa manis, dan kadang-kadang sedikit asam ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Meski begitu, mengonsumsi buah mangga untuk ibu hamil juga perlu diperhatikan.

Mengutip Mom Junction, mengonsumsi buah mangga secara berlebihan dapat menyebabkan diare, yang pada akhirnya bisa menyebabkan dehidrasi, Bunda. Perhatikan juga, apakah buah mangga matang secara organik atau tidak. Sebab, tak sedikit buah yang telah dimatangkan secara artifisial (buatan), dan ini tentu dapat berdampak buruk pada ibu, dan bayi yang dikandungnya.

Buah-buahan yang matang secara artifisial tersebut dimatangkan menggunakan kalsium karbida, zat beracun yang mengandung jejak arsen dan fosfor. Food & Drug Administration (FDA) atau Badan Obat dan Makanan (BPOM) Amerika Serikat, melarang penggunaan bahan kimia ini. Oleh karena itu, Bunda harus memastikan bahwa mangga yang telah dibeli matang secara organik.

danmuji, mangga, gopchang, makanan favorit member MAMAMMOOBuah mangga/ Foto: iStock

Manfaat mangga untuk ibu hamil

Buah mangga memberikan beberapa bermanfaat bagi ibu hamil. Ini karena buah mangga kaya akan zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, dan asam folat yang semuanya merupakan nutrisi penting untuk kehamilan. Adapun, beberapa manfaat mangga untuk ibu hamil dikutip dari berbagai sumber, yakni:

1. Mengatasi morning sickness

Buah mangga yang segar dapat membantu mencegah morning sickness. Vitamin B6 dalam buah ini memainkan peran kunci dalam mengontrol rasa mual dan mengatasi mual, Bunda.

Di samping itu, buah mangga memiliki rasa yang menyegarkan dan manis. Rasa ini mampu melawan kecenderungan untuk muntah pada awal kehamilan.

2. Sumber asam folat

Seperti yang diketahui, asam folat sangat baik untuk ibu hamil. Asam folat berperan untuk mencegah kecacatan pada bayi. Buah mangga ternyata juga mengandung asam folat yang melimpah, yang membantu perkembangan janin selama kehamilan.

Karena mangga kaya akan asam folat, mengonsumsinya pada trimester pertama kehamilan dapat membantu pertumbuhan sistem saraf janin. Cacat tabung saraf yang terjadi pada awal kehamilan juga dapat dicegah dengan mengonsumsi mangga dalam jumlah yang tepat.

3. Mencegah anemia

Mangga kaya akan vitamin C, dan membantu penyerapan zat besi, yang dibutuhkan ibu hamil untuk mengatasi anemia terkait kehamilan.

Dilansir dari Times of India, buah mangga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Vitamin C yang terkandung dalam buah mangga memungkinkan zat besi diserap dengan baik di dalam tubuh.

4. Baik untuk pencernaan

Mangga adalah sumber serat makanan yang baik, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Untuk mengatasi masalah sembelit saat hamil, dianjurkan untuk mengonsumsi mangga.

Pada awal kehamilan, biasanya ibu kerap mengalami berbagai masalah pencernaan. Sehingga, kandungan serat dalam mangga membantu seseorang merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Namun, perhatikan kuantitasnya, karena asupan yang berlebihan dapat menyebabkan gas, dan perasaan yang tidak nyaman.

5. Mengandung antioksidan

Vitamin C dalam buah mangga bertindak sebagai antioksidan kuat, dan dapat mencegah pertumbuhan radikal bebas dalam tubuh manusia yang dapat mengganggu perkembangan janin, bahkan berpotensi menyebabkan kanker. Vitamin C dalam mangga juga bisa menurunkan risiko persalinan prematur.

6. Mencegah preeklamsia

Preeklampsia merupakan salah satu masalah kesehatan yang membahayakan ibu hamil. Kondisi ini sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi selama kehamilan.

Dikutip dari Health Site, kandungan magnesium diketahui dapat membantu menstabilkan tingkat tekanan darah. Kandungan magnesium juga terdapat dalam buah mangga, yang bertindak sebagai obat alami untuk mencegah preeklamsia.

Berapa banyak mangga yang dikonsumsi selama hamil?

Mengutip Parenting Firstcry, mangga tinggi kalori, tetapi bisa menjadi sumber energi yang sangat baik. Ibu hamil membutuhkan banyak energi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga.

Jika dokter meminta ibu hamil untuk menambah asupan kalori, ibu hamil bisa menambahkan mangga ke dalam menu makanan. Namun kuncinya tidak berlebihan ya. Sebaiknya jangan makan lebih dari satu mangga per hari.

Ibu hamil aman mengonsumsi mangga matang maupun mentah. Mangga matang merangsang nafsu makan, membantu pencernaan, dan memperbaiki warna kulit. Sementara mangga mentah mengandung vitamin yang dapat melawan keasaman, dan mual.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mangga yang matang secara alami tidak akan menimbulkan efek samping, namun tidak bagi mangga yang matang secara artifisial. Beberapa efek buruk yang ditimbulkan jika ibu hamil mengonsumsi mangga ini, di antaranya:

  • Diare
  • Perubahan suasana hati
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Kejang
  • Mengantuk
  • Sensasi kesemutan pada tangan dan kaki

Sayangnya tidak mudah mengetahui apakah mangga yang dibeli matang secara alami atau artifisial. Karena itu, ibu hamil bisa melakukan tindakan pencegahan sederhana untuk menurunkan risikonya, seperti:

  1. Mencuci mangga dengan bersih sebelum dikonsumsi.
  2. Kupas mangga sebelum dikonsumsi.
  3. Jaga kebersihan pisau, dan talenan, dan cuci tangan setelah mengupas dan memotong mangga.
  4. Beli mangga mentah dan matangkan sendiri di rumah.
Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Simak juga Bunda, jenis-jenis buah yang boleh diasup oleh penderita maag pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi