kehamilan

Manfaat Diet jika Ibu Hamil Ingin Melahirkan Normal

Muhayati Faridatun Jumat, 23 Aug 2019 13:30 WIB
Manfaat Diet jika Ibu Hamil Ingin Melahirkan Normal
Jakarta - Seiring morning sickness berlalu, nafsu makan ibu hamil (bumil) biasanya meningkat. Dokter atau bidan pun menganjurkan mengontrol pola makan agar bumil bisa melahirkan normal dengan lancar.

Ya, seperti yang Bubun alami nih di kehamilan pertama. Masa-masa mual dan muntah berakhir selepas 16 minggu kehamilan, langsung deh nafsu makan kembali lagi dan bahkan lebih berselera dari sebelumnya.

Saat tes ultrasonografi (USG) di trimester ketiga, ternyata berat janin dalam kandungan Bubun juga melesat cepat. Dokter kemudian mengingatkan, kalau ingin melahirkan normal dan lancar, baiknya diet atau mengontrol pola makan.


"Kalau bisa diet dan kurangi konsumsi karbo. Kurangi makan nasi," saran dr.Achmad Mediana, Sp.OG.

Bubun pun mengikuti anjuran dokter, juga bidan instruktur senam hamil. "Banyak makan buah yang mengandung air," ucap bidan Mesakh.

Mengutip penjelasan dr.Fredrico Patria, Sp.OG, dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal, ada anggapan bahwa saat hamil harus makan dua kali lebih banyak karena ada dua jiwa. Dan inilah salah satu penyebab bumil mengalami overweight atau kelebihan berat badan.

"(Anggapan) Itu tidak benar. Kelebihan kalori hanya akan menjadi tumpukan lemak di tubuh ibu hamil. Akibatnya malah mengalami kelebihan berat badan," ungkap Fredrico.

Manfaat Diet jika Ibu Hamil Ingin Melahirkan NormalIlustrasi ibu hamil diet jelang melahirkan/ Foto: iStock
Ia menambahkan, overweight bisa menyebabkan penumpukan lemak di antara serabut otot rahim, sehingga serabut otot tidak bisa bekerja efisien dan maksimal saat proses persalinan.

"Kemungkinan terjadi persalinan melalui operasi," tegasnya.

Sementara itu, melansir dari laman Health Line, kebiasaan makan yang buruk dan penambahan berat badan berlebih semasa kehamilan bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional, serta komplikasi kehamilan atau kelahiran.

Bumil pun disarankan memilih makanan sehat dan bergizi, demi memastikan kesehatan ibu dan bayi. Kebiasaan ini pun diyakini bisa memudahkan Bunda menurunkan berat badan setelah melahirkan.


Simak juga cerita Nadia Mulya tentang empat kali kehamilan dan melahirkan normal, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi