kehamilan

Bumil Wajib Tahu, Usia Kehamilan Paling Aman Melahirkan Normal

Yuni Ayu Amida Kamis, 22 Aug 2019 10:30 WIB
Bumil Wajib Tahu, Usia Kehamilan Paling Aman Melahirkan Normal
Jakarta - Ibu hamil biasanya dihampiri kecemasan saat menunggu kelahiran si kecil. Apalagi, usia kehamilan sudah melewati Hari Perkiraan Lahir (HPL). Sebenarnya, berapa sih usia kehamilan paling aman untuk melahirkan normal?

Menurut penjelasan dr.Yusfa Rasyid, Sp.OG, MARS, dari RSIA YPK Mandiri, umumnya persalinan yang dianggap normal itu bila terjadi pada usia kehamilan 38 sampai 41 minggu.

"Atau maju dua minggu atau mundur satu minggu dari hari prediksinya," jelas Yusfa, dikutip dari detikcom.


Di usia kehamilan 38 sampai 41 minggu, Yusfa memastikan, janin dianggap sudah matang. Itu sebabnya pada usia tersebut umumnya keadaan bayi sama dan tidak ada yang membedakan dia lebih sehat atau sebaliknya.

Kalau usia kelahiran terlalu muda, kata Yusfa, bayi berisiko mengalami gangguan antara lain gangguan pernapasan sampai gagal napas, gangguan refleks isap, gangguan pendengaran dan penglihatan, dan yang paling buruk adalah risiko kematian.

Di samping itu, mengutip Medline Plus, usia kehamilan bisa ditentukan sebelum atau setelah kelahiran. Untuk menghitung usia kehamilan sebelum lahir, penyedia layanan kesehatan atau dokter akan menggunakan ultrasonografi (USG) untuk mengukur ukuran kepala, perut, dan tulang paha bayi.

Ini guna memberi gambaran seberapa baik pertumbuhan bayi dalam rahim. Sedangkan setelah lahir, usia kehamilan dapat diukur dengan melihat berat bayi, panjang, lingkar kepala, tanda-tanda vital, refleks, tonus otot, postur, serta kondisi kulit dan rambut.

Bumil Wajib Tahu, Usia Kehamilan Paling Aman untuk Melahirkan NormalIlustrasi melahirkan normal/ Foto: Thinkstock
Jika usia kehamilan bayi yang lahir cocok dengan perhitungan usia kalender, maka usia kehamilan bayi dikatakan sesuai. Nah, bayi ini memiliki tingkat masalah dan kematian lebih rendah daripada bayi yang usia kehamilannya lebih kecil atau besar. Berat bayi yang cukup bulan untuk dilahirkan biasanya antara 2,5 kg sampai 4 kg.

Melansir dari Health Line, untuk menghitung tanggal persalinan, kita dapat memperkirakan dengan cara tandai hari pertama haid terakhir Bunda, kemudian untuk tanggal ditambah 7, bulan dikurangi 3, serta tahun ditambah 1. Namun, cara yang paling akurat adalah menghitung lewat pemeriksaan USG pada trimester pertama.

Hanya saja, jika tanggal persalinan memang lewat atau kurang beberapa hari dari HPL, tidak jadi masalah ya, Bun. Jika terlalu dipikirkan untuk melahirkan sesuai HPL, namun ternyata tidak bisa, takutnya malah membuat Bunda berpikir bahwa ada yang salah dengan kandungan, yang akhirnya malah membuat stres. Karena sebenarnya, tanggal persalinan kadang sifatnya memang tidak terduga.

Simak pula cara ibu perawatan diri setelah melahirkan, dalam video di bawah ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi