kehamilan

4 Gerakan Senam Payudara Selama Kehamilan, Dijamin Bikin ASI Lancar

Zika Zakiya Rabu, 25 Sep 2019 11:40 WIB
4 Gerakan Senam Payudara Selama Kehamilan, Dijamin Bikin ASI Lancar
Jakarta - Jangan acuhkan payudara Bunda selama kehamilan. 'Si gunung kembar' itu akan jadi makanan utama untuk bayi selama enam bulan pertama hidupnya. Ditambah lagi ketika dia sudah memasuki masa MPASI nanti, wah ASI Bunda adalah makanan enak yang dicarinya.

Menurut dr.Fredrico Patria, Sp.OG dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal, payudara merupakan organ wajib untuk dirawat selama mengandung. "Banyak ibu hamil mengabaikan perawatan payudara. Boleh jadi karena malas atau tidak tahu manfaatnya. Padahal, selama kehamilan adalah penting agar pemberian ASI kelak dapat berjalan lancar," ujar Fredrico.

Langkah perawatan ini bisa dimulai dengan Senam Payudara:


1. Ketahui lebih dulu bahwa senam ini berguna memperkuat otot pektorialis di dada. Dengan begitu, payudara lebih padat dan produksi ASI lebih baik.

2. Senam ini dapat dilakukan sebelum dan sesudah mandi.

Ilustrasi payudaraIlustrasi payudara/ Foto: iStock

3. Berdiri dengan kedua tangan saling memegang siku, mirip orang bersedekap. Eratkan pegangan dan tekan kuat-kuat ke arah dada sampai Bunda merasakan tarikan pada otot-otot di dasar payudara. Lemaskan lalu lakukan kembali 30 kali.

4. Pegang bahu dan sejajarkan siku. Putar siku searah jarum jam beberapa kali. Teruskan gerakan dengan menaikkan dan menurunkan siku sambil tetap memegang bahu. Lakukan latihan 20 kali.

Dengan payudara sehat dan rajin dirangsang, ASI bisa keluar dengan lancar. Dikatakan dr.Ardiansjah Dara Sjahruddin,Sp.OG.,M.Kes, ASI bermanfaat agar Bunda lebih cepat pulih dari rasa lelah dan sakit pasca melahirkan.

"ASI juga menjadi kontrasepsi alami, praktis, dan ekonomis," tulis Ardiansjah dalam buku Hamil Tanpa Galau.

Kehamilan itu memang proses yang luar biasa, bahkan penuh cobaan. Seperti yang dirasakan Tantri 'Kotak, yang harus terinfeksi tokso saat sedang hamil. Simak cerita lengkap Tantri dalam video ini ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi