sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Menenangkan Pikiran Saat Hamil Biar Enggak Mudah Cemas dan Stres

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 10 Jan 2022 14:33 WIB
Ibu hamil Cara Menenangkan Pikiran Saat Hamil Biar Enggak Mudah Cemas dan Stres/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Bogdan Kurylo
Jakarta -

Kehamilan bisa membuat pikiran Bunda jadi tak fokus hingga bikin cemas dan was-was. Tak heran bila banyak Bunda mulai mencari cara untuk menenangkan pikiran saat hamil.

Menurut pakar kesehatan mental, Karen Kleiman, MSW, LCSW, rasa cemas bisa muncul saat seorang wanita merasakan kehamilannya. Tapi, ada pula yang merasa bersalah dan malu karena merasa dirinya tidak sesuai ekspektasi orang lain saat hamil.

"Ada konsekuensi dari kecemasan yang apabila tidak diobati selama kehamilan, maka bisa berdampak pada ibu dan bayi. Ini termasuk depresi pasca melahirkan," kata Kleiman, dilansir Psychology Today.


Khawatir dan cemas selama hamil

Kehamilan dan rasa cemas memang seperti berjalan beriringan, Bunda. Ada begitu banyak yang yang bisa bikin Bunda khawatir terkait kondisi diri sendiri dan janin.

Menurut ulasan di Archives of Women's Mental Health, sekitar 60 persen wanita merasakan kecemasan yang signifikan di beberapa titik saat hamil. Secara mental, ini bisa bikin suasana hati berubah menjadi ekstrem. Sementara dari segi fisik, kecemasan bisa membuat Bunda kesulitan untuk tidur.

Meski begitu, ada perbedaan antara rasa khawatir yang terjadi selama kehamilan dan efek dari gangguan kecemasan ya. Rasa khawatir bisa berubah menjadi kecemasan hingga mengambil alih hidup Bunda. Kondisi ini dikenal juga dengan kecemasan antenatal atau gangguan kecemasan prenatal.

"Pada beberapa tingkat, kecemasan adalah normal selama kehamilan. Untuk menentukan apakah yang Anda rasakan normal atau tidak, Anda perlu menanyakan pada diri sendiri, 'Seberapa besar kecemasan ini mengganggu kemampuan sehari-hari?" ujar Kleiman.

"Jika merasa susah untuk mengendalikannya, maka kecemasan bisa menghambat kemampuan untuk menjalani aktivitas sehari-hari dan butuh bantuan ahli untuk mencari solusi," sambungnya.

Penyebab cemas saat hamil

Rasa khawatir hingga berubah menjadi cemas bisa menguras tenaga selama hamil. Mengutip Scientific American, berikut penyebab dan faktor risiko yang menyebabkan seorang wanita merasa cemas dan tidak tenang saat hamil:

  1. Kehamilan berisiko tinggi
  2. Pernah mengalami gangguan mood di masa lalu
  3. Memiliki kesulitan pada kehamilan sebelumnya atau masalah kesuburan
  4. Memiliki tingkat stres tinggi dalam hidup dan hubungan

Penyebab rasa cemas saat hamil tak selalu karena kondisi kehamilan ya, Bunda. Kondisi ini bisa saja terjadi karena Bunda sedang beradaptasi dengan perubahan terbesar dalam hidup.

Worried pregnant woman sitting on a couch in the living room at homeIlustrasi Ibu Hamil Alami Stres/ Foto: iStock

Cara menenangkan pikiran saat hamil

Salah satu cara untuk mengatasi rasa cemas adalah menenangkan pikiran saat hamil. Bunda perlu segera mencari solusi agar rasa cemas ini tidak mengalihkan fokus hingga menimbulkan gejala fisik, seperti ketegangan otot, mudah panik, dan jantung berdebar-debar.

Nah, melansir dari berbagai sumber, berikut 5 cara menenangkan pikiran saat hamil:

1. Belajar mindfulness

Bunda perlu belajar mindfulness untuk memusatkan perhatian penuh pada hal yang positif di sekitar. Dengan begitu, pikiran tidak akan tersesat di pusaran negatif.

Konsep mindfulness ini bisa dipraktikkan dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri atau me time. Bunda perlu memberikan perhatian penuh pada momen-momen kecil dalam hidup, misalnya berjemur di pagi hari, jalan-jalan di sekitar rumah, atau duduk santai di balkon.

"Berlatih mindfulness secara teratur telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental. Cara ini juga bisa meredakan rasa cemas, khawatir, atau depresi selama kehamilan," kata bidan senior, Clare Herbert, mengutip Baby Centre.

2. Makan dengan baik

Makan dengan baik sangat bagus untuk otak Bunda nih. Makan teratur dan bergizi dapat memastikan gula darah tidak turun, sehingga bisa mengatasi rasa lelah dan menenangkan pikiran.

"Memang tidak mudah untuk makan enak bila kita merasa sedih atau sedang mengidap penyakit selama hamil. Tetapi, perubahan sekecil apa pun bisa membuat perasaan menjadi lebih baik," ujar Herbert.

Selain konsumsi makanan bernutrisi, Bunda juga perlu penuhi asupan cairan ya. Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa membuat Bunda sulit berkonsentrasi atau berpikir jernih.

3. Istirahat dan tidur yang cukup

Selama hamil, Bunda perlu mendengarkan tubuh ya. Artinya, jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas berat selama hamil.

Jika merasa lelah, maka segera istirahat atau tidur lebih awal. Ingat Bunda, tidur itu penting untuk kesehatan mental setiap orang dan dapat mendukung kehamilan yang sehat.

Bila Bunda sulit mencari waktu istirahat, jangan malu untuk meminta bantuan suami atau keluarga. Minta bantuan mereka untuk menjaga anak atau mengerjakan tugas rumah selama Bunda beristirahat.

4. Ambil napas dalam dan fokus pada janin

Me time adalah cara terbaik untuk menenangkan diri saat hamil. Selama melakukan me time, Bunda enggak perlu merasa bersalah karena meninggalkan rutinitas.

Selain untuk memanjakan diri sendiri, me time juga dapat digunakan untuk fokus pada janin. Terutama bila usia kehamilan sudah masuk trimester kedua.

Sejak usia kehamilan 15 minggu, bayi bisa mendengar suara. Cobalah untuk mengajaknya bicara, bernyanyi, atau membacakan cerita di waktu me time. Cara ini sangat bagus untuk menjalin bonding dengan Si Kecil dan membangun sisi positif tentang kehamilan.

5. Lakukan aktivitas fisik untuk menenangkan pikiran

Untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres selama hamil, Bunda bisa mencari aktivitas nih. Misalnya, aktivitas fisik dapat membantu tubuh melepaskan endorfin, yang bekerja dalam mengelola suasana hati.

Menggerakkan tubuh juga menjadi salah satu cara yang paling direkomendasikan untuk mengelola stres. Selama hamil, aktivitas fisik pun dibutuhkan untuk membuat tubuh bugar.

Beberapa aktivitas yang bisa menenangkan pikiran adalah berjalan, yoga, atau aktivitas aerobik. Bila Bunda khawatir dengan kondisi kandungan, coba konsultasi ke dokter dulu ya.

Simak juga 3 manfaat musik klasik bagi Bunda hamil dan janin, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!