kehamilan

Penting Bun, Mempelajari Teknik Pernapasan Jelang Melahirkan

Muhayati Faridatun Selasa, 15 Jan 2019 14:01 WIB
Penting Bun, Mempelajari Teknik Pernapasan Jelang Melahirkan
Jakarta - Rasa sakit selama kontraksi berlangsung jelang melahirkan memang sulit digambarkan. Tapi, Bunda jangan khawatir membayangkan bagaimana merasakan itu.

Bagi Bunda yang sedang deg-degan menantikan Hari Perkiraan Lahir (HPL) sang buah hati, ada baiknya mempelajari dulu teknik pernapasan. Diharapkan, Bunda bisa mengatasi rasa tidak nyaman selama kontraksi berlangsung.

Teknik pernapasan yang baik selama proses melahirkan diyakini bisa mengurangi kecemasan, meningkatkan oksigenasi, dan mendorong Bunda tetap aktif selama persalinan.

Dengan begitu, tubuh Bunda akan lebih sedikit mengeluarkan hormon stres, kortisol, dan lebih banyak hormon penghilang rasa sakit, endorfin, yang memiliki efek menenangkan dan bikin rileks.


Persiapan sebelum melahirkan tentu sangat penting ya, Bun. Ada baiknya juga, saat memasuki trimester kedua, Bunda mulai latihan teknik pernapasan 10 - 15 menit dalam sehari.

Bunda bisa mempelajari dan mengeksplorasi teknik pernapasan lewat kelas persalinan, seminar kehamilan atau persalinan, yoga, dan meditasi terbimbing. Teknik-teknik ini nantinya juga bisa membantu Bunda meredakan nyeri akibat pengobatan, seperti induksi, selama persalinan.

Dilansir Baby Bjorn, berikut teknik latihan pernapasan yang membantu Bunda selama proses melahirkan, yang dipaparkan Colleen Brezine, CNM (Bidan Perawat Bersertifikat), Rumah Sakit Universitas St. John Medical Center, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat.

Buka halaman berikutnya ya, Bunda.

(muf/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi