kehamilan

Fakta Nanas, Benarkah Bisa Menyebabkan Keguguran pada Ibu Hamil

Maya Sofia Jumat, 11 Oct 2019 08:21 WIB
Fakta Nanas, Benarkah Bisa Menyebabkan Keguguran pada Ibu Hamil
Jakarta - Nanas adalah salah satu buah tropis yang berasal dari negara latin, seperti Paraguay, Brasil, dan Bolivia. Di Indonesia, nanas biasanya dijadikan jus atau disantap dengan sambal rujak.

Nanas sendiri memiliki banyak manfaat. Manfaat nanas untuk wanita khususnya adalah membantu penambahan nutrisi penting bagi ibu menyusui.

Namun ada kandungan nanas yang juga berbahaya bagi ibu hamil. Efek samping buah nanas ini dirasakan bagi ibu hamil yang mengonsumsi buah tersebut di trimester pertama.


Nanas mengandung zat yang bisa melunakkan mulut rahim jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Akibatnya ibu hamil lebih mudah kontraksi.

"Trimester satu atau tiga bulan pertama (kehamilan) jangan deh," ujar spesialis kandungan dan kebidanan, dr Dewi Ratih Hendarto Putri, Sp.OG dalam program Ibu Pintar.

Namun untuk trimester selanjutnya, Dewi memperbolehkan ibu hamil konsumsi nanas asal tidak berlebihan. Hal sama juga diungkapkan oleh dr Benny Johan Marpaung, Sp.OG.

Fakta Nanas, Benarkah Bisa Menyebabkan Keguguran pada Ibu Hamil Fakta buah nanas, benarkah bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil? (Foto: iStock)

Nanas, ujar dia, pada dasarnya bagus karena kaya vitamin C, vitamin B, juga kalsium. Hanya saja, di dalam nanas muda ada enzim bromelain, yang bila dikonsumsi berlebihan bisa membuat mulut rahim jadi gampang terbuka.

"Ibu hamil biasanya ingin makan nanas karena lidahnya pahit, gampang mual muntah. Tapi baiknya pilih nanas yang manis, juga jangan over makannya karena bisa memicu asam lambung," tutur Benny.

Simak juga fakta nanas dan bahayanya bagi ibu hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi