sign up SIGN UP search


kehamilan

Identik dengan Keguguran, Ini Khasiat Nanas untuk Ibu Hamil bila Dikonsumsi secara Wajar

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Rabu, 27 Apr 2022 13:31 WIB
Ibu hamil makan nanas caption

Jakarta - Nanas selama ini dikenal sebagai buah yang terlarang buat ibu hamil. Pasalnya, buah nanas sering diasosiasikan sebagai salah satu buah yang bisa menyebabkan keguguran. Pernahkah Bunda mendengar mitos ini? 

Padahal sebenarnya ibu hamil masih diperbolehkan kok menyantap buah yang segar ini, tapi tetap dalam porsi yang terbatas ya.

“Bunda pasti sudah mendengarkan saran untuk tidak makan nanas selama kehamilan, mungkin termasuk dari ginekolog," jelas Dokter Nupur Gupta, Direktur Kebidanan dan Ginekologi Fortis Memorial Research Institute, kepada Indian Express.


Walaupun, secara ilmiah, tidak ada bukti bahwa nanas akan menyebabkan aborsi atau persalinan dini pada Bunda. Tetapi sebagian besar masyarakat sudah memercayai mitos tersebut sehingga tidak sedikit perempuan hamil yang mengonsumsi nanas muda dengan tujuan aborsi, Bunda. 

Banner cara menyimpan daun bawang


Kandungan nanas yang membahayakan kehamilan

Sebenarnya yang membuat nanas rentan dimakan saat hamil adalah kandungan enzim proteolitik yang disebut bromelain. Memang ada beberapa penelitian yang menunjukkan kelebihan enzim bromelain dalam makanan ibu hamil dapat menyebabkan risiko keguguran.

"Tetapi, bagian nanas yang kita makan adalah daging luarnya, yang tidak banyak mengandung bromelain, dan tidak akan memengaruhi kehamilan. Hanya inti buahnya saja yang kelebihan enzim,” ujarnya.

Pada dasarnya, tidak ada makanan yang boleh dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Lebih-lebih untuk Bunda hamil yang perlu menjaga pola makan seimbang.

Jadi, Dr Gupta menyarankan, ibu hamil untuk membatasi memakan satu mangkuk nanas saja. Porsi itu dinilai masih cukup aman dan tidak akan membahayakan. Sebab, nanas merupakan sumber yang kaya mineral dan vitamin C, yang membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Kelebihan konsumsi nanas dapat menyebabkan keasaman dan rasa mulas. 

Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas, Ternyata ini AlasannyaIdentik dengan Keguguran, Ini Khasiat Nanas untuk Ibu Hamil bila Dikonsumsi secara Wajar/ Foto: iStock

Sebenarnya, menambahkan nanas dalam menu harian di awal kehamilan ada manfaatnya lho, Bunda. Bahkan, beberapa kandungan di dalam nanas memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi sebelum lahir agar bisa tumbuh dan berkembang secara normal.

Segelas jus nanas segar dapat memasok sekitar 79 mg vitamin C, nutrisi yang mendorong kolagen, membantu pertumbuhan kulit, tulang rawan, dan tendon bayi. Selain itu, dalam secangkir jus nanas, bisa memasok hampir 80 hingga 85 mg vitamin C yang dibutuhkan Bunda selama kehamilan.

Selain nanas, ada beberapa makanan lain yang sebaiknya Bunda batasi untuk dimakan selama hamil. Simak di halaman berikutnya yuk.

Saksikan juga video tentang reaksi Mona Ratuliu baca cerita Bunda yang ingin gugurkan kandungan dengan nanas.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
DAFTAR MAKANAN YANG MEMBAHAYAKAN AWAL KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!