menyusui

Sederet Manfaat Nanas untuk Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 26 Jun 2019 11:30 WIB
Sederet Manfaat Nanas untuk Ibu Menyusui
Jakarta - Banyak ibu menyusui ragu-ragu saat ingin makan nanas. Kekhawatiran bahwa nanas akan memengaruhi produksi ASI membuat mereka urung mengonsumsi buah tersebut.

Menurut ahli gizi Brigitte Zeitlin, founder BZ Nutrition, nanas memiliki kandungan untuk tubuh, Bun. Memakan dua porsi nanas per hari sangat penting untuk membantu penambahan nutrisi penting bagi para ibu menyusui. Tetapi ia pun mengingatkan bahwa tidak semua buah diciptakan sama dalam hal manfaat menyusui, seperti diulas Romper.

"Hal yang terbaik tentang makan makanan yang penuh nutrisi untuk menyusui ialah ibu dan bayi mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Jadi, carilah buah yang dapat membantu aliran ASI tetap lancar dan baik dikonsumsi ibu menyusui," katanya.


Lantas, bagaimana dengan buah nanas untuk ibu menyusui?

Melansir Parenting First Cry, seorang ibu menyusui dapat menambahkan buah nanas ke dalam daftar menu makanannya. Tetapi baru boleh dikonsumsi setelah dia menyusui bayinya sekitar 5 - 6 bulan.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kehadiran buah sitrat yang lebih tinggi dalam makanan ibu menyusui dapat berbahaya bagi tubuh bayi. Ini juga termasuk pada buah nanas dimana memiliki rasa yang cukup kuat dan kandungan asam yang bisa sangat kuat untuk bayi.

Sederet Manfaat Nanas untuk Ibu MenyusuiManfaat nanas untuk ibu menyusui/ Foto: iStock

Di luar hal tersebut, nanas sendiri ternyata menyimpan manfaat lain bagi ibu menyusui. Kehadiran berbagai zat dalam buah nanas dimana mengandung antiemetic dan diuretic sangat bermanfaat bagi ibu menyusui.

Mengonsumsi nanas secara teratur diketahui akan membawa pengurangan dalam rasa sakit yang dialami pada sendi dan otot tubuh. Tidak hanya itu, jika ibu menyusui memiliki infeksi apa pun dan tidak sembuh, periode pemulihan dapat dipercepat dengan makan nanas.

Nanas juga membantu Bunda dalam merangsang proses pencernaan dan mengobati berbagai gangguan lambung serta sembelit. Serta, mengonsumsi nanas dapat membantu mengendalikan hipertensi dengan mengencerkan volume darah serta menghilangkan bekuan darah, dan membuat jantung tetap dalam kondisi optimal.

Bunda, simak juga yuk resep kudapan nanas yang lezat untuk dicoba!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi