sign up SIGN UP search


kehamilan

Nanas Muda Tak Picu Keguguran, Tapi Bisa Sebabkan 5 Masalah Kesehatan Bumil

Meita Fajriana   |   Haibunda Sabtu, 15 Jan 2022 07:00 WIB
cara memotong nanas hanya 2 menit. caption

Jakarta - Pernahkah Bunda mendengar beberapa makanan, seperti nanas muda harus dihindari saat hamil? Banyak mitos seputar kehamilan dikaitkan dengan makanan. Tak sedikit para Bunda percaya bahwa ada makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan pada bayi hingga keguguran Bunda. 

Salah satu makanan yang dikenal dapat menyebabkan keguguran dan harus dihindari saat hamil adalah nanas muda. Terlebih di trimester awal kehamilan saat kandungan Bunda masih rentan. 

"Tak cuma membahayakan kesehatan, banyak ibu hamil juga meyakini bahwa makanan pantangan dapat berdampak buruk bagi janin. Prinsipnya, tidak ada makanan yang dilarang untuk dimakan selama kehamilan. Paling penting makanan itu bisa mencukupi kebutuhan ibu dan bayi dalam kandungan," kata dr Ilham Utama Surya,  SpOG dokter kandungan yang berpraktik di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.


Salah satu hal paling unik saat hamil Bunda akan cepat mempelajari seribu fakta baru. Bunda akan mendengar peringatan, tips, dan saran dari orang-orang, bahkan orang asing sekalipun tentang hal-hal yang tidak pernah Bunda pertimbangkan sebelum hamil.

Begitu juga dengan mitos bahwa nanas muda tidak baik untuk ibu hamil. Jadi apa penyebabnya? Bisakah Bunda makan nanas dengan aman, atau haruskah Bunda menghindarinya selama kehamilan?

 

infografis mitos nanas buat kehamilaninfografis mitos nanas buat kehamilan/ Foto: Mia Kurnia Sari

Melansir dari laman Mom Loves Best, nanas sepenuhnya aman untuk dimakan selama kehamilan. Banyak mitos mengatakan itu berbahaya karena dapat menyebabkan keguguran, tetapi sebenarnya, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan hal ini Bunda. Beberapa orang memang memiliki pengalaman makan nanas sebelum mengalami keguguran atau memasuki persalinan, tetapi secara statistik, banyak wanita hamil makan nanas tanpa masalah.

Bukan berarti tidak ada risikonya, terutama saat makan nanas dalam jumlah banyak. Beberapa ibu hamil mengalami bisul parah dan mulas setelah memakan nanas segar. Begitu juga dengan nanas seperti halnya buah apa pun, dapat menyebabkan diare dan ketidaknyamanan pada lambung Bunda. 

Mengenal kandungan bromelain dalam nanas

Melansir dari laman Healthline, nanas mengandung bromelain yaitu sejenis enzim. Nah, tablet bromelain inilah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Hal ini karena enzin ini dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan perdarahan abnormal.

Meskipun bromelain ditemukan di inti nanas, sangat sedikit yang sebenarnya ada di daging nanas yang kita makan lho Bunda. Jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tidak akan memengaruhi kehamilan Bunda.Intinya, asupan normal buah nanas muda ini tidak akan berdampak buruk pada kehamilan Bunda.

Simak penjelasan selengkapnya di halaman berikut yuk!

Nah, ada penjelasan soal mitos membunuh binatang saat hamil nih, Bunda. Klik video di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
RISIKO MAKAN NANAS MUDA SELAMA KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!