kehamilan

9 Upaya agar Istri Cepat Hamil

Radian Nyi Sukmasari Senin, 02 Dec 2019 11:02 WIB
9 Upaya agar Istri Cepat Hamil Ilustrasi cara cepat hamil/ Foto: iStock
Jakarta - Bunda dan Ayah berencana punya momongan atau mau menambah momongan? Peluang kehamilan bisa lho diperbesar dengan melakukan berbagai upaya dari suami maupun istri.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan sehat untuk kesuburan. Disampaikan dr.Bramundito, Sp.OG yang karib disapa Bram, kecukupan asupan vitamin dan mineral berpengaruh pada kesuburan pria dan wanita.

"Kecukupan vitamin dan mineral pada pria memengaruhi kadar hormon testosteron dalam darah serta kualitas sperma. Sehingga, kemungkinan terjadinya pembuahan dan sel-sel pada organ reproduksi meningkat," kata Bram dalam buku Anti Panik Hamil yang disusun tim Tiga Generasi.


Sedangkan pada wanita, kata Bram, kecukupan vitamin dan mineral bisa memengaruhi kadar hormon reproduksi. Kemudian, siklus haid, kualitas ovum juga sel-sel pada organ reproduksi.

"Vitamin dan mineral tersebut antara lain vitamin D, kalsium, dan vitamin mineral antioksidan seperti vitamin A, C, dan E, serta mineral zinc dan selenium," tambah Bram.

Ilustrasi cara cepat hamilIlustrasi cara cepat hamil/ Foto: iStock
Nah, ada 5 upaya yang bisa dilakukan suami juga istri untuk memperbesar peluang kehamilan, seperti diutarakan Bram berikut ini.

1. Untuk istri, konsumsi asam folat. Caranya bisa dengan minum suplemen asam folat 400mg per hari
2. Jaga pola makan dengan nutrisi seimbang
3. Jaga berat badan. Sebab, bobot kurang atau lebih berpengaruh pada kesuburan
4. Stop merokok dan konsumsi alkohol. Kandungan zat di rokok dan alkohol bisa merusak kualitas sel telur
5. Olahraga dan atur stres
6. Buat suami, suplemen tambahan. Pilih yang mengandung selenium, zinc, dan folat untuk mengoptimalkan kesehataan dan produksi sperma
7. Jaga pola makan, disarankan perbanyak buah dan sayur karena kandungan antioksidannya baik untuk dukung kualitas sperma
8. Jaga berat badan. Pria dengan bobot kurang atau lebih, hormon reproduksinya bisa terganggu, pun dengan kualitas spermanya
9. Stop rokok dan alkohol yang mengandung zat perusak kualitas sperma.

dr.Reisa punya tips cepat hamil. Apa itu? Cek di video ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

Simak kisah unik k-pop dengan mengklik banner di bawah ini.
9 Upaya agar Istri Cepat HamilFoto: Istimewa
(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi