sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Tips Supaya Bunda Cepat Hamil, Salah Satunya Jangan Stres!

Annisa Afani Kamis, 16 Apr 2020 08:57 WIB
elegant young woman planning her pregnancy in bedroom at home caption
Jakarta - Dalam rumah tangga, menunggu kehadiran anak dalam sebuah pernikahan adalah hal yang paling dinantikan pasangan suami istri. Namun, kehadiran buah hati kadang bisa cepat atau bahkan hingga bertahun-tahun.

Nah, jika Bunda tengah berencana untuk memulai program hamil, sebaiknya cari tahu apa saja yang harus dilakukan sebelumnya. Untuk itu, HaiBunda telah merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan agar Bunda dapat cepat hamil, sebagai berikut dikutip dari sejumlah sumber:


1. Setop kontrasepsi


Hal pertama yang perlu Ayah dan Bunda lakukan adalah melepas alat kontrasepsi. Dengan begitu, akan membuat kesuburan Bunda kembali di siklus berikutnya. Dan bisa saja membuat Bunda bisa hamil dalam waktu yang cepat.

Namun kehamilan tersebut tidak dapat langsung datang seperti yang diharapkan bagi semua orang ya Bun. Untuk beberapa jenis alat kontrasepsi, apabila sudah dilepas, Bunda masih harus menunggu untuk hamil.

Sebagai contoh, Bunda harus menghentikan suntikan Depo-Provera yang mengandung hormon progesteron sekitar 9 bulan sebelum merencanakan kehamilan.

2. Konsultasi ke dokter

Sebelum Ayah dan Bunda ingin melakukan program hamil, perlu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Hal ini penting untuk dilakukan agar dapat melihat dan memastikan kondisi tubuh ayah dan Bunda baik-baik saja untuk bisa memulai program tersebut.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan juga penting untuk mengantisipasi adanya risiko kehamilan yang membahayakan bagi bayi. Dengan begitu, dokter bisa mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab, seperti beberapa penyakit genetik bawaan tertentu.

Mendapatkan bantuan dokter bukan berarti Ayah dan Bunda menyerah, justru itu adalah langkah besar untuk mengetahui apakah ada kendala atau apa saja langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi sesuatu yang tidak diinginkan kelak.

7 Tips Wajib Diketahui Bunda Supaya Cepat Hamil7 Cara agar cepat hamil/ Foto: shutterstock

3. Hidup sehat dan teratur

Dalam jangka pendek, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan peluang hamil, di antaranya ialah dengan tidur yang cukup. Siklus tidur dan bangun yang buruk dapat menghilangkan siklus menstruasi, sehingga kemungkinan hamil dengan cepat akan menjadi lebih sulit.

Tips kesehatan yang paling sering untuk diingat Ayah dan Bunda ialah untuk berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Selain untuk mendukung program kehamilan dengan melahirkan anak yang sehat, ini juga berguna untuk menjaga kesehatan jangka panjang bagi Ayah dan Bunda.

4. Jangan stres

Hal-hal yang harus Bunda pantang selama masa program ini ialah dengan menghindari stres. Masih belum jelas apakah stres menyebabkan infertilitas, namun stres terbukti dapat mengacaukan siklus wanita.

5. Konsumsi makanan seimbang

Bunda dan Ayah juga harus mengonsumsi makanan yang seimbang dengan nutrisi yang tepat. Sebaiknya, konsumsi vitamin dan minumlah banyak air mineral serta kurangi minuman berkafein. Selain itu, hindari diet yang berlebihan atau rencana makan ekstrem ketika ingin hamil.

6. Seks pada masa subur

Perlu bagi Bunda untuk mengetahui kapan masa subur, dan kapan sel telur dilepaskan. Agar cepat hamil, cara yang bisa Ayah dan Bunda lakukan adalah dengan berhubungan seksual selama masa paling subur Bunda, biasanya terjadi sekitar tiga hari sebelum sel telur wanita dilepaskan.



7. Tingkatkan kualitas sperma

Untuk Ayah, bisa juga melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas dan kesuburan sperma. Salah satu caranya, dengan tidak meletakkan laptop langsung di atas pangkuan, atau terlalu lama duduk dengan kaki yang berdempetan karena bisa meningkatkan suhu skrotum, dan ini dapat berdampak negatif pada jumlah sperma.

Selain itu, seperti yang disebutkan di atas, jangan merokok dan minum alkohol. Disarankan untuk mengonsumsi nutrisi yang cukup dan pertahankan berat badan di ukuran normal.

Sementara itu, Bunda hindari penggunaan sabun pembersih khusus area kewanitaan. Ini dapat mengganggu keseimbangan pH alami dalam vagina, serta menghilangkan sebagian bakteri baik yang dibutuhkan. Sabun tersebut juga dapat meningkatkan risiko infeksi dan iritasi pada vagina, yang justru membuat kita jadi sulit untuk hamil.

Tonton juga yuk Bun, tips cepat hamil menurut dr. Reisa dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!