sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Setelah Menikah, Kenali Masa Subur Ya...

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 08 May 2022 19:50 WIB
Korean Couple Flirting And Talking Enjoying Conversation During Stay-At-Home Date Spending Evening Together Sitting On Sofa Indoor. Romantic Relationship, Weekend Date Concept caption
Jakarta -

Baru saja menikah dan ingin segera memiliki momongan? Jika memang sudah rezeki, pasti enggak akan ke mana, Bun.

Meski begitu, ada beberapa hal dianjurkan jika memang Bunda ingin cepat hamil. Ini melibatkan lima hal mendasar yang harus disiapkan oleh Bunda dan suami ya. Simak yuk, apa saja sih cara cepat hamil yang bisa dilakukan:

1. Kenali masa subur

Hal pertama yang bisa Bunda lakukan adalah mengenali masa subur. Jadi pastikan Bunda tahu dan mengingat jadwal mentruasi setiap bulan ya.


Bahkan saat ini ada ragam aplikasi yang bisa memfasilitasi Bunda untuk memeriksa jadwal kesuburan. Jika sudah tahu tanggal subur Bunda, nah di situlah masa terbaik untuk berhubungan seks dengan suami karena memiliki peluang besar untuk hamil.

Penting juga mengenali tanda-tanda masa ovulasi, seperti suhu tubuh yang meningkat sedikit demi sedikit sampai menjelang menstruasi. Kemudian biasanya lendir serviks juga akan keluar lebih banyak di masa ovulasi. Lendir serviks pada periode ini akan lebih basah dan licin seperti putih telur dan merupakan saat yang tepat untuk berhubungan intim.

2. Menjalani pola hidup sehat

Cara cepat hamil lainnya adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta banyak olahraga membuat kualitas sperma dan sel telur lebih terjaga. Selain itu Bunda juga harus menjaga berat badan tetap ideal.

Konsumsi juga bahan makanan yang bisa dikonsumsi seperti ikan, daging, kurma, taoge, sayur, kacang-kacangan, dan utamakan protein sehat. Batasi juga konsumsi kafein tidak lebih dari 200 mg per hari. Atau bisa ditakar dengan secangkir kopi dan 2 cangkir teh.

Banner Dongeng Anak Sebelum TidurFoto: HaiBunda/Novita Rizki

3. Lakukan hubungan intim secara rutin

Melakukan hubungan seksual secara rutin akan menaikkan kemungkinan hamil jadi lebih tinggi. Meskipun banyak yang melakukan hubungan intim ketika malam hari, Bunda juga bisa mencoba melakukannya di pagi hari.

Hal ini karena, menurut para ahli, produksi sperma tertinggi ada pada pagi hari. Selain itu, lakukan beberapa posisi lain setiap berhubungan intim untuk memperbesar kesempatan cepat hamil.

4. Mencapai orgasme

Orgasme dalam berhubungan intim sangat penting untuk dicapai, apalagi untuk para wanita. Hal ini karena orgasme bisa mendorong sperma lebih jauh menuju tuba fallopi dan kemungkinan bertemu sel telur juga akan meningkat.

Selain itu, setelah mencapai orgasme, wanita juga akan lebih cepat ngantuk dan tertidur. Posisi inilah yang membuat proses pembuahan akan terjadi lebih cepat.

5. Konsultasi dokter dan konsumsi suplemen

Hal terakhir cara cepat hamil yang bisa diterapkan adalah dengan konsultasi ke dokter. Nantinya Bunda dan suami akan diperiksa kualitas sperma dan sel telurnya, kondisi rahim, dan cek kesehatan lainnya.

Jika tidak ada yang perlu dikhawatirkan maka Bunda bisa melanjutkan program kehamilan. Namun, jika dibutuhkan bantuan suplemen, dokter akan memberikan vitamin yang mengandung asam folat. Dan, jika masih diperlukan bantuan lagi akan ada konsultasi lebih dalam dengan tindakan lebih jauh. (PK)

Simak juga video berikut mengenai penjelasan test pack yang negatif tapi Bunda belum juga haid.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!